DPMPTSP Luwu Timur Adakan Konsultasi Publik Penyusunan Standar Operasional dan Pelayanan Perizinan Berusaha

BERITALUTIM.COM – Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) telah sukses menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Standar Operasional dan Standar Pelayanan Perizinan Berusaha. Kegiatan ini berlangsung di Aula DPMPTSP pada Senin, 28 Agustus 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DPMPTSP, Andi Habil Unru, dan dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Lutim, manajemen PT. Vale, Tim Teknis, Globalindo Pronetwork, serta narasumber Yanwar Bumulo, beserta sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam sambutannya, Andi Habil Unru menyatakan bahwa konsultasi publik terkait penyelenggaraan perizinan usaha ini adalah bagian dari upaya untuk merancang Standar Operasional dan Standar Pelayanan (SOP) yang lebih baik. Proses pembuatan SOP ini akan dijadwalkan dalam tahun ini.

“Kami di DPMPTSP berharap SOP yang kami susun ini dapat dijalankan dengan baik dan mendapat dukungan dari semua pihak, terutama dari OPD dan tim teknis,” jelas Andi Habil.

Narasumber, Yanwar Bumulo, menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, standar pelayanan perlu dipublikasikan sebelum ditetapkan, dan perlu diadakan forum konsultasi publik.

“Ada dua jenis perizinan, yaitu perizinan berusaha dan perizinan non berusaha. Terkait perizinan berusaha, hanya ada dua tahapan dalam SOP, yaitu yang dilakukan oleh kepala bidang dan kepala dinas,” kata Yanwar Bumulo.

“Oleh karena itu, dalam SOP ini tidak menjelaskan interaksi antara pelaku usaha atau pemohon dengan instansi, karena semuanya diakses melalui sistem OSS. Instansi teknis atau tim teknis yang memvalidasi permohonan perizinan berusaha di sistem OSS akan memulai proses SOP di DPMPTSP,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini