Stand Expo Desa Bahari Lutim Jual Minyak VCO

BERITALUTIM.COM – Stand Expo desa Bahari, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur menjual minyak Virgin coconut oil (VCO) yang telah diklaim Harvard Medical School, mampu menjaga kesehatan jantung, menstabilkan gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan hingga kecantikan.

Kepala Desa Bahari, Baso Pangerang menjelaskan VCO merupakan bahan olahan dari kelapa yang diproduksi oleh UMKM Desa Bahari.

Menurut Baso Pangerang, VCO yang di produksi oleh warga desa Bahari merupakan satu satunya di Kabupaten Luwu Timur. Jarangnya orang yang memproduksi VCO ini disebabkan proses sangrai minyak yang terbilng rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

“Pembuatan minyak VCO setahu saya kalau di Kabupaten Luwu Timur, hanya ada di Desa Bahari,” Kata Baso Pangerang, Sabtu 6 Mei 2023.

Dibalik proses yang begitu rumit, kata Baso Pangerang, VCO banyak mengandung manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kecantikan.

Untuk harga VCO yang dijual di Stand Expo Desa Bahari yang berada di Jl Andi Hasan Opu To Hatta, komplek rumah jabatan Bupati Luwu Timur, yakni Rp 55 ribu per kemasan.

Selain VCO, pada Expo Desa dalam rangka HUT Kabupaten Luwu Timur ke 20, Desa Bahari juga memamerkan berbagai kerajinan tangan dan usaha produksi masyarakat desa Bahari. Seperti Bunga dari limbah kantong plastik, dan kripik pepaya.

“Macam kita sediakan mulai bunga dari limbah bekas, piring dari lidi, kripik olahan seperti kripik pepaya dan masih banyak lagi,” Kata Kepala Desa Bahari.

Untuk diketahui, dari informasi yang didapati VCO adalah salah satu jenis minyak kelapa yang cara pembuatannya tidak dipanaskan. Untuk menghasilkan VCO, keringkan daging kelapa dan saring airnya untuk mendapatkan ekstrak minyak alami.

Karena proses tersebut, minyak VCO terasa lebih pedas dan manis ketimbang jenis minyak kelapa lainnya.

Selain punya rasa yang lebih kuat, minyak VCO diklaim lebih sehat. Menurut penelitian Harvard Medical School, minyak ini mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) sehingga menjaga kesehatan jantung.

Beragam Manfaat Menggunakan Minyak VCO
Selain menjaga kesehatan jantung, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini