Rapat Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit di Luwu Timur untuk Maret 2024

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPH-BUN) yang bertindak sebagai tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, bersama dengan perwakilan Dinas Pertanian/Perkebunan dari berbagai kabupaten, telah menggelar rapat penetapan harga TBS untuk periode Maret 2024.

Acara ini berlangsung di aula pertemuan PTPN XIV Burau, Kabupaten Luwu Timur, pada Jumat, 01 Maret 2024.

Muhtar, Kepala Bidang Perkebunan Luwu Timur, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa rapat penetapan harga ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan untuk menetapkan harga standar pembelian TBS di tingkat pabrik.

“Kegiatan ini merujuk pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) nomor 1 tahun 2018 tentang pedoman penetapan harga TBS. Tujuan dari peraturan ini adalah memberikan perlindungan kepada para pekebun agar mereka dapat memperoleh harga yang wajar dan sekaligus menjadi alat kontrol pemerintah untuk membatasi terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat,” jelasnya.

Rapat tersebut tidak hanya dihadiri oleh unsur pemerintah, tetapi juga melibatkan APKASINDO Luwu Timur dan Luwu Utara, serta perwakilan dari pabrik kelapa sawit di Luwu Timur dan Luwu Utara. Hasil dari rapat menetapkan harga TBS untuk periode Maret 2024 sebesar Rp. 2.056/kg TBS.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur turut diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Amrullah, S.Pd. MM, yang didampingi oleh Kepala Bidang Perkebunan, Muhtar, SP.MP. Turut hadir juga Dinas Perdagangan Koperasi, UKM, dan Perindustrian Luwu Timur, serta Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Luwu Utara, Arifuddin, SP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini