Berita Lutim

Kabar Terbaru Luwu Timur dan Sekitarnya

Perebutan Kursi di Dapil III Luwu Timur Diprediksi Sengit Menjelang Pemilu

BERITALUTIM.COM – Sawerigading Research and Consulting (SRC) merilis hasil survei yang menunjukkan persaingan sengit dalam perebutan kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) III Luwu Timur, yang meliputi Kecamatan Wotu dan Burau. Prediksi perubahan peta politik pun mengemuka menjelang Pemilu.

Taufiq Hidayat, Ketua Divisi Litbang dan Survei SRC, menyatakan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan pada rentang waktu 1-6 Februari 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi menciptakan kejutan dalam Pemilu kali ini.

Menurut rilis yang diterima redaksi, PDIP diprediksi menjadi pemenang di Dapil III Luwu Timur dengan perolehan suara sebesar 18,46%, diikuti oleh Partai Golkar dengan 15,83%, dan Partai Nasdem dengan 15,47%.

“Tinjauan simulasi yang kami lakukan menunjukkan bahwa PDIP berpotensi memenangkan dua kursi di Dapil III Luwu Timur pada Pemilu kali ini, sementara tujuh kursi lainnya akan diperebutkan oleh partai lain,” ungkap Taufiq.

Hasil ini mengejutkan, mengingat pada Pemilu sebelumnya, PDIP tidak berhasil meraih kursi dari Dapil ini.

Taufiq juga menyoroti penurunan suara dari Partai Golkar yang pada Pemilu sebelumnya berhasil memenangkan dua kursi, namun diprediksi hanya akan mendapatkan satu kursi kali ini.

Di posisi tengah, terjadi persaingan ketat antara Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gerindra, dan Hanura. Keempat partai ini diprediksi akan meraih kursi legislatif, dengan PAN memperoleh elektabilitas sebesar 9,52%, PKB 7,85%, Gerindra 7,62%, dan Hanura 7,31%.

Sementara itu, empat partai lainnya diprediksi tidak akan mendapatkan kursi karena elektabilitas mereka di bawah 5%.

Ketua PDIP Luwu Timur, Budiman, yang juga menjabat sebagai Bupati Luwu Timur, menyatakan targetnya untuk meraih kemenangan di seluruh Dapil Luwu Timur. Namun, hasil survei SRC menunjukkan bahwa target tersebut mungkin sulit tercapai, mengingat sebelumnya PDIP menargetkan meraih 3 kursi di Dapil III Luwu Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini