Dinas Pertanian Luwu Timur Jamin Kesehatan Hewan Qurban Bebas PMK

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Luwu Timur sudah membentuk tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak pedagang.

Pejabat Fungsional Medik Veteriner Pada Dinas Pertanian Luwu Timur, Sukma RS menjamin, semua hewan yang akan di qurbankan sudah aman dan Sehat, begitupun juga lalulintas Hewan yang masuk wilayahnya aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita jamin semua aman dan sehat, begitupun hewan ternak dari luar yang hendak masuk ke Luwu Timur itu harus lolos pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu,” kata Sukma RS, Kamis (7/7/2022).

Dikatakan Sukma, Menjelang H-3 Lebaran Idul Adha 1443 Hijriyah ini, pemeriksan kesehatan hewan kurban masih berlanjut sampai hari H Idul Adha.

Adapun tim dibentuk itu terdiri dari 25 Petugas Teknis Peternakan dan 5 Dokter hewan, tugas kita ini yang akan melakukan pengecekan hewan kurban di sejumlah lapak pedagang dan tempat pemotongan hewan.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada PMK yang ditemukan, Mudah-mudahan tetap aman hingga Idul Adha,” tandasnya

Ia menambahkan, selain pengecekan di lapak hewan kurban, tim juga bertugas untuk mengawasi proses pemotongan yang dilakukan pada saat lebaran hingga H+3 lebaran.

“Untuk tempat penyembelihan juga kita awasi,untuk menjamin Daging dan organ-organ dalamnya seperti hatinya. Kalau ada temuan yang cacat maka akan langsung disingkirkan,” ungkapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini