Desa Purwosari Meriahkan Hari Raya Idul Adha dengan Pawai Takbir Keliling

BERITALUTIM.COM – Desa Purwosari, Kecamatan Tomoni Timur, menggelar pawai takbir keliling pada Minggu malam, 16 Juni 2024, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha. Acara ini dimulai dari halaman Masjid An-Nur Ain dan secara resmi dilepas oleh Camat Tomoni Timur, Yulius. Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Desa Purwosari, Lagiyo; Muh. Waket Setiawan, S.Pd.i; Slamet Ryanto selaku Ketua Ta’mir Masjid Jami’ An-Nur Ain; Supriyatno, tokoh masyarakat; Babinsa Desa Purwosari; dan Imam Masjid An-Nur Ain, Nurdi Utomo.

Dalam sambutannya, Yulius mengungkapkan rasa terima kasih kepada warga Desa Purwosari atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk berpartisipasi dalam acara ini. “Saya berterima kasih kepada warga Desa Purwosari karena telah diberikan kesempatan untuk melepas peserta pawai malam ini. Ini merupakan kehormatan tersendiri bagi saya selaku camat baru di Tomoni Timur,” ujar Yulius, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo.

Yulius juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa mendatang dengan melibatkan lebih banyak masyarakat. Pawai keliling desa ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati hari besar keagamaan umat Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru Islam.

Kepala Desa Purwosari, Lagiyo, juga menyatakan rasa syukurnya atas terselenggaranya pawai ini. “Alhamdulillah, malam ini kita bisa melakukan pawai keliling dalam rangka Hari Raya Idul Adha,” kata Lagiyo.

Pawai Idul Adha kali ini diikuti oleh ratusan warga dari dua dusun di Desa Purwosari, yaitu Argosari dan Argomulyo. Peserta yang terdiri dari anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, serta remaja masjid berjalan kaki sejauh dua kilometer dengan penuh antusias.

Pawai keliling ini diakhiri dengan pengundian door prize oleh panitia penyelenggara, menambah semaraknya acara.

Selain di Desa Purwosari, kegiatan serupa juga berlangsung di Desa Margomulyo. Jamaah Masjid Besar At-Taqwa menggelar takbir keliling sejauh kurang lebih satu kilometer, mengelilingi jalan desa sesuai rute yang telah ditentukan. Warga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, terlihat sangat bersemangat mengikuti pawai takbir keliling ini.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kekompakan warga desa semakin kuat, serta terus terjalin kerukunan dalam menyambut hari-hari besar keagamaan di masa yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini