BREAKING NEWS

Bupati Luwu Timur Terima Penghargaan Smart Living dari Kementerian Kominfo

Selasa, 14 Desember 2021 | 06:04 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Perhelatan Indonesia Smart City Conference (ISCC) Tahun 2021 secara resmi digelar Selasa, (14/12/2021) bertempat di International Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang. Dalam acara itu, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mendapatkan penghargaan kategori Smart Living dalam Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Semuel Abrijani Pangerapan kepada Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman, M.Pd atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program smart city.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Luwu Timur, Drs. H. Budiman, M.Pd didampingi Kepala Dinas Kominfo Luwu Timur, Masdin mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut.

Menurutnya penghargaan Smart Living kepada Kabupaten Luwu Timur tidak terlepas dari keberhasilan inovasi program-program yang telah dilaksanakan dalam melengkapi konsep keseluruhan Smart City di Luwu Timur yang telah digagas sejak tahun 2018.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Luwu Timur. Capaian positif ini merupakan hasil kolaborasi bersama antara Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Saran dan masukan dari para stakeholder kepada Pemerintah Daerah telah mendorong kami selaku pemangku kebijakan untuk terus berinovasi” kata Budiman.

Penghargaan ini tentunya menjadi pemacu semangat bagi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk terus berupaya mewujudkan program smart city untuk mendukung percepatan pelayanan, kenyamanan serta kemudahan bagi masyarakat.

Kegiatan ISCC 2021 yang diikuti oleh 100 Kabupaten dan Kota Se-Indonesia merupakan salah satu program utama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) bersama dengan beberapa Kementerian lainnya dalam Gerakan Menuju 100 Smart City guna meningkatkan pelayanan yang berbasis pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Digital.

Dalam acara itu, Menkominfo Johnny G,. Plate didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif, para narasumber dan 100 Kepala Daerah yang secara aktif melaksanakan program Smart City.

Dalam sambutannya, Menkominfo menyampaikan bahwa pendekatan integrasi kota cerdas ke dalam industri pariwisata akan menjadi mekanisme untuk menumbuhkan resiliensi di tengah disrupsi akibat pandemi Covid-19.

“Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, KemenKominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city,” jelas Menteri Johnny.

Menkominfo menjelaskan Gerakan Menuju Smart City telah dimulai sejak tahun 2017. Pada tahun 2019 program tersebut telah berhasil memfasilitasi 100 kabupaten/kota di 23 provinsi dalam menyusun rencana
induk atau master plan smart city.

“Dalam pengembangan smart city ini diperlukan sebuah tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan serta yang akuntabel sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup bagi masyarakat,” tandasnya.

Acara pemberian penghargaan itu diberikan kepada Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Dimensi/Pilar Program Smart City secara bertahap. Adapun pilar yang dimaksud adalah Dimensi Smart Governance, Dimensi Smart Branding, Dimensi Smart Economy, Dimensi Smart Society, Dimensi Smart Living dan Dimensi Smart Environment. (ul/hms)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT