BKK Sukses Membawa Puluhan Desa Luwu Timur Menuju Status Desa Maju

BERITALUTIM.COM – Wakil Bupati Luwu Timur, Moch. Akbar Andi Leluasa, mengungkapkan bahwa program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) telah membawa dampak yang signifikan, mengubah puluhan desa di Luwu Timur menjadi Desa Maju. Pernyataan tersebut disampaikannya saat membacakan sambutan Bupati Luwu Timur dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Luwu Timur di Gedung Simpurusiang pada Kamis (21/03/2024).

Menurut Akbar A. Leluasa, dana sebesar 1 miliar per desa, di luar Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, berhasil mempercepat pembangunan di sejumlah desa di Luwu Timur, sehingga meningkatkan statusnya menjadi Desa Maju.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan pemerataan dan akselerasi pembangunan perdesaan. Dan program ini akan tetap dilanjutkan pada tahun 2025.

“Diluar transfer Alokasi Dana Desa dan Dana Desa. Alhamdulillah, capaian 2023 berdasarkan data Indeks Desa Membangun, Status Desa mandiri meningkat dari 10 desa pada tahun 2022 menjadi 24 Desa Mandiri. Pada tahun 2023, status desa Maju meningkat dari 46 desa pada tahun 2022 menjadi 59 desa pada tahun 2023 dan Tahun 2023 tinggal 42 Desa yang bersatus desa Berkembang, ini berarti terdapat 27 desa yang berhasil memperbaiki IDM di tahun 2023,” ungkap Akbar A. Leluasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini