Wakil Bupati Luwu Timur Sampaikan Rancangan Awal RPJPD Tahun 2025-2045 di Sidang Paripurna DPRD

BERITALUTIM.COM – Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa, secara resmi menyampaikan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur.

Penyampaian Ranwal RPJPD berlangsung pada Sidang Paripurna ke-2 untuk masa sidang kedua tahun sidang 2023/2024 di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Luwu Timur pada Senin (08/01/2024).

Wakil Bupati menjelaskan bahwa RPJPD merupakan dokumen perencanaan strategis yang disusun oleh Pemerintah Daerah dan berfungsi sebagai landasan untuk mengarahkan dan mengatur pembangunan jangka panjang. Dokumen ini menjabarkan visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan untuk periode 20 tahun mendatang.

“RPJPD ini dirancang dalam 4 tahapan pembangunan 5 tahunan, yaitu Tahap Pertama (2025-2029) Penguatan Pondasi, Tahap Kedua (2030-2034) Percepatan/Akselerasi, Tahap Ketiga (2035-2039) Ekspansi, dan Tahap Keempat (2040-2045) Pemantapan dan Perwujudan. Visi sementara yang dirumuskan oleh Tim Penyusun dan Pendampingan Tenaga Ahli adalah ‘Luwu Timur Maju, Harmonis, dan Berkelanjutan 2045’,” ungkap Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga berharap agar DPRD memberikan koreksi, masukan, dan saran terhadap rumusan visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD ini.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur serta Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) atas kerjasama yang sinergis terhadap seluruh jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Luwu Timur,” tambahnya.

Penyerahan dokumen draf Ranwal RPJPD Tahun 2025-2045 dilakukan oleh Wakil Bupati kepada Ketua DPRD Aripin. Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur Aripin, didampingi Wakil Ketua DPRD H. M. Siddiq dan H. Usman Sadik, turut dihadiri oleh Anggota DPRD Luwu Timur dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini