Wakil Bupati Luwu Timur Harap KNPI Jadi Pelopor Pembangunan

BERITALUTIM.COM – Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa, mengharapkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menjadi pelopor penggerak dalam pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Akbar saat menghadiri Pelantikan dan Rapat Kerja DPD KNPI Luwu Timur yang dilaksanakan di Aula Rujab Bupati pada Sabtu (29/06/2024) kemarin.

Menurut Akbar, KNPI sebagai organisasi kepemudaan memiliki peran vital dalam mendorong partisipasi aktif pemuda di berbagai bidang pembangunan. “Sebagai pusat keunggulan daerah, KNPI harus mampu menjadi pelopor dalam berbagai inisiatif yang dapat meningkatkan daya saing daerah,” ujarnya.

Akbar juga menegaskan beberapa fokus utama yang perlu mendapat perhatian, yaitu Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemuda melalui program pelatihan, pendidikan, dan pemberdayaan yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja serta perkembangan teknologi.

Selain itu, Akbar juga menyebutkan pentingnya Penguatan Ekonomi Kreatif, dengan mendorong pemuda untuk berwirausaha dan mengembangkan usaha-usaha kreatif yang dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah.

Ia juga menekankan perlunya Pelestarian Budaya dan Pariwisata dengan menggali dan mengembangkan potensi budaya dan pariwisata lokal sebagai daya tarik yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah.

Terakhir, Akbar mengajak pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam Pembangunan Berkelanjutan, dengan berperan dalam upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Akbar berharap KNPI sebagai “rumah besar” seluruh elemen organisasi kepemudaan (OKP) dapat menjadi pelopor penggerak dalam pembangunan.

“Dengan soliditas dan sistem organisasi yang baik, saya berharap KNPI dapat mengambil peran maksimal dalam pembangunan yang terus berjalan,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini