Status Desa di Luwu Timur Naik, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

BERITALUTIM.COM – Status desa di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menunjukkan peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil pengukuran melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Data terbaru menunjukkan bahwa tidak ada lagi desa yang tergolong sebagai desa tertinggal di wilayah tersebut.

Dari total 125 desa yang ada di Luwu Timur, sebanyak 46 desa dikategorikan sebagai desa maju, 10 desa sebagai desa mandiri, dan 68 desa sebagai desa berkembang. Hal ini menandakan efektivitas arah dan kebijakan pemerintah terhadap pembangunan desa, terutama melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) satu miliar satu desa.

Bupati Luwu Timur, Budiman, menyampaikan keberhasilan ini sebagai hasil dari kerja keras seluruh pihak terkait. Menurutnya, program-program pembangunan yang telah diimplementasikan sejalan dengan harapan masyarakat.

“Ini menandakan bahwa arah dan kebijakan pemerintah terhadap pembangunan desa telah berjalan sesuai harapan masyarakat melaui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) satu miliar satu desa,” kata dia saat Paripurna HUT 21 Lutim yang berlangsung di Gedung DPRD Lutim, Jumat (03/05/2024).

Selain itu, Budiman juga mencatat berbagai pencapaian positif selama kepemimpinannya. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Luwu Timur terus mengalami peningkatan, mencapai Rp. 1,9 triliun pada tahun 2024, dengan proyeksi mencapai lebih dari Rp 2 triliun pada tahun 2025.

Peningkatan juga terlihat dalam pendapatan perkapita masyarakat, yang mencapai 99,49 juta per jiwa pada tahun 2023, serta laju pertumbuhan ekonomi sebesar 9,66 persen.

Tidak hanya itu, Luwu Timur juga berhasil menekan angka kemiskinan, menempati posisi ke-5 dengan persentase kemiskinan terendah di Sulawesi Selatan dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

Di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur juga aktif memberikan bantuan di berbagai sektor, termasuk pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan pendidikan. Prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh Budiman selama menjabat sebagai Bupati Luwu Timur juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini