Sosialisasikan Gemarikan, Ketua TP PKK Lutim Paparkan Manfaat Ikan Cegah Stunting

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Luwu Timur (Lutim), Sufriaty Budiman mengatakan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2004.

Tujuannya, untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Itu disampaikan Sufriaty saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Penerbitan NIB (Nomor Izin Berusaha) dan Tata Cara Pengemasan, Pemasaran Hasil Perikanan, yang digelar oleh Dinas Perikanan Lutim, di Gedung Pertemuan Kecamatan Wotu, Senin (12/12/2022),

Sosialisasi Gematikan Ini akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan di setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Luwu Timur.

Ikan, kata Sufriaty, memiliki gizi yang seimbang dan baik, sehingga sosialisasi makan ikan ke masyarakat menjadi hal yang penting terutama mempersiapkan tumbuh kembang balita dan anak.

“Ibu yang memiliki anak balita diharapkan bisa menciptakan makanan dari olahan ikan bukan hanya digoreng saja,” pesannya.

Terakhir, istri Bupati Luwu Timur ini mengungkapkan bahwa, ikan, selain sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang juga bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.

“Adapun manfaat ikan ialah Mencegah terjadinya penyakit jantung, Menurunkan kadar kolesterol, Menstabilkan tekanan darah, Mengurangi resiko stroke, Mengurangi resiko kanker, Mencegah terjadinya peradangan, Mencegah depresi, Mengurangi resiko kepikunan, Mencegah diabetes dan yang paling utama tentunya mencegah stunting,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini