Sosialisasi Kajian Pengembangan Kelitbangan di Luwu Timur: Memanfaatkan Potensi Rumput Laut

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), menggelar acara sosialisasi dan diseminasi hasil Kajian tahun 2023. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kelitbangan di daerah tersebut, dan berlangsung di Aula Bapelitbangda Lutim pada Rabu (08/05/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Bapelitbangda Lutim, Dohri Ashari, didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM, Senfry Oktavianus, menyatakan bahwa hasil kajian ini akan diterapkan oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk kemudian diimplementasikan kepada masyarakat.

“Luwu Timur memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, sehingga Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab untuk mendampingi masyarakat dalam mengelola potensi tersebut secara optimal, dan menjadikannya sebagai salah satu sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat,” ungkap Dohri.

Lebih lanjut, Dohri menyampaikan bahwa hasil kajian yang disosialisasikan berfokus pada budidaya dan pengelolaan rumput laut di Luwu Timur.

“Hasil kajian tahun 2023 ini lebih menitikberatkan pada peningkatan pengelolaan rumput laut dan pengembangan sumber daya manusia, termasuk dalam mendorong partisipasi generasi muda, terutama lulusan perguruan tinggi, untuk terlibat dalam kegiatan budidaya. Salah satu konsep yang diterapkan adalah smart farming atau pertanian presisi dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen (SIM),” jelas Dohri.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai narasumber, antara lain Dr. Hamja Abdul Halik dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andi Djemma, perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Lutim, perwakilan dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Lutim, perwakilan Camat se Kabupaten Luwu Timur, manajemen PT Vale, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Luwu Timur, serta kelompok nelayan/petani rumput laut di Kabupaten Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini