BREAKING NEWS

Sekda Luwu Timur Ikuti Pubcak Peringatan Hari OTDA XXV Secara Virtual

Senin, 26 April 2021 | 12:04 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXV Tahun 2021 yang berlangsung secara virtual di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur. Peringatan Hari OTDA XXV ini digelar Kementerian Dalam Negeri yang resmi dibuka Wakil Presiden RI, Maruf Amin, Senin (26/04/2021).

Puncak peringatan Hari OTDA itu mengangkat tema “bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19, untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan Indonesia Maju”. Selain Sekda, peringatan ini juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Luwu Timur.

Wakil Presiden, KH. Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Pilkada serentak yang berjalan aman, lancar dan kondusif serta tetap konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Bahkan kata Ma’ruf Amin, tingkat partisipasi pemilih secara nasional rata-rata mencapai 76 persen.

Lanjut Ma’ruf, kerangka berpikir kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah harus berbasis inovasi, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah tersebut.

“Perlunya mengubah paradigma pemerintahan dan pembangunan, yang semula beriorientasi pada birokrasi yang bussiness as usual menjadi berbasis inovasi,” kata Wapres Ma’ruf Amin

Lanjut Ma’ruf Amin, Perbaikan pola pikir dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah harus menuju ke arah yang adaptif, inovatif, kolaboratif dan kreatif serta harus dilakukan secara sinergis antara pemda dengan DPRD dan juga pusat.

“perlunya harmonisasi melalui sinkronisasi perencanaan, penganggaran, pelaporan dan pengendalian urusan pemerintahan konkuren, yang berpedoman pada NSPK (norma, standar, prosedur dan kriteria) serta SPM (standar pelayanan minimal) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Dengan demikian, kata Ma’ruf, manfaat kualitas dan kuantitas pelayanan publik dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di daerah. (hr/hms).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT