BREAKING NEWS

Rayakan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Jamaah Mesjid Raya Al-Ikhwan Sorowako Gelar Tabligh Akbar

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:56 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, mesjid raya Al-Ikhwan Sorowako, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur mengadakan Tabligh Akbar di Mesjid Al-Ikhwan Sorowako, Sabtu, 30 Juli 2022.

    Tablig Akbar bertemakan “Makna Hijrah dalam Meningkatkan Iman dan Kokohkan Ukhuwah” dipimpin oleh Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A dihadiri Camat Nuha, Nur Syaifullah, Ketua MUI Kecamatan Nuha, Muhammad Abduh, pengurus mesjid raya Al-Ikhwan serta jamaah muslim dan muslimat Sorowako.

    Camat Nuha, Nur Syaifullah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tabligh akbar ini sebagai salah satu rangkaian dalam perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H.

    Ia berharap, umat muslim di Kecamatan Nuha dan Sorowako pada khususnya agar terus mampu dalam berkreasi, berbenah diri (muhasabah diri) untuk menghadapi kehidupan setelah kematian, selalu mencerminkan akhlak mulia, memiliki semangat baru untuk merancang dan menjalani kehidupan kearah yang lebih baik.

    Sementara, Ustadz Azhar Arsyad yang merupakan Rektor Institut Parahikma Indonesia dalam tau’ziyahnya menyampaikan bahwa, hijrah secara umum artinya meninggalkan segala macam bentuk kemaksiatan dan kemungkaran, baik dalam perasaan (hati), perkataan dan perbuatan.

    Namun secara khusus, lanjutnya, adalah pindahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam rangka menyelamatkan iman dan Islam serta membangun peradaban baru di tempat baru.

    “Makna hijrah akan selalu hidup dalam diri orang-orang yang beriman. Hidup karena mereka selalu menghayati nilai-nilainya dan mengamalkan pesan-pesan moralnya,” imbuhnya.

    “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Baqarah: 218),” beber Ustadz Azhar Arsyad.

    Selain kegiatan Tabligh Akbar, juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan peringatan Tahun Baru Muharram 1444 H di Mesjid Raya Al-Ikhwan Sorowako, diantaranya Jalan Santai, Lomba Adzan, Lomba Mewarnai, Lomba Kaligrafi, Lomba Hafalan Surat Pendek dan Lomba Ranking 1. (*)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT