PT Vale Indonesia Tbk Salurkan 5.000 Bibit Pohon untuk Penghijauan Kawasan Rammang-rammang Maros

BERITALUTIM.COM – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) terus berkomitmen dalam upaya penghijauan di luar area operasionalnya. Pada awal tahun 2024 ini, Kawasan Wisata Rammang-rammang di Salenrang Kabupaten Maros menjadi sasaran penghijauan, sebagai bagian dari Geopark Maros-Pangkep yang telah diakui oleh Unesco.

Sebanyak 5.000 bibit pohon, terdiri dari 3.000 bibit pohon kayu putih dan 2.000 bibit pohon sukun, diserahkan oleh PT Vale Indonesia kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Salenrang dan Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang yang mengelola Kawasan Wisata tersebut. Penyerahan bibit pohon ini dilakukan secara resmi oleh Chief Technical Officer PT Vale Indonesia, Jinan Syakir, kepada Koordinator Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang, Iwan Dento, di Dermaga 2 Rammang-rammang – Salenrang, Kabupaten Maros, pada Senin, 4 Maret 2024.

Jinan Syakir, dalam sambutannya, menegaskan komitmen tinggi PT Vale terhadap lingkungan. PT Vale memiliki visi untuk memperbaiki kehidupan dan berkomitmen untuk tumbuh bersama stakeholder dengan tagline 3P, yaitu people, planet, dan profit. Menurutnya, penanaman lebih dari 5.000 bibit pohon di Kawasan Wisata Rammang-rammang merupakan bagian dari upaya percepatan pemulihan lingkungan.

“PT Vale punya visi untuk memperbaiki kehidupan, dan berkomitmen untuk tumbuh bersama stakeholder yang ada. Kita punya tagline 3P, yakni people, planet and profit. Jadi yang pertama adalah manusia, lalu planet. Terakhir baru profit atau keuntungan,” ungkap Jinan Syakir.

Rammang-rammang di Desa Salenrang telah meraih pengakuan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik lima nasional Desa Wisata tahun 2023 dan ditetapkan sebagai Kampung Iklim Lestari oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pilihan PT Vale untuk menyalurkan bibit pohon di kawasan ini didasarkan pada kontribusi positifnya terhadap sektor mikro dan komunitas-komunitas masyarakat sebagai pelaku utama.

Jinan Syakir juga menjelaskan bahwa upaya penghijauan di Rammang-rammang merupakan bagian dari langkah rehabilitasi perusahaan di luar area operasional. PT Vale terus berkontribusi untuk merehabilitasi hutan dan Daerah Aliran Sungai (DAS) di berbagai wilayah di luar Sulawesi Selatan.

Dalam penyerahan bibit pohon, PT Vale didukung oleh fasilitas nursery dan pusat pembibitan Taman Kehati Sawerigading Wallacea di Sorowako, yang memiliki kapasitas produksi 700 ribu bibit pohon per tahun.

Iwan Dento, Koordinator Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang, menyampaikan apresiasi untuk PT Vale, tidak hanya karena bantuan bibit pohon, tetapi juga pemilihan jenis pohon yang sesuai untuk kawasan Rammang-rammang. Bibit pohon yang diberikan, antara lain, kayu putih, sukun, dan nangka, memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan yang signifikan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasbi, yang hadir mewakili Gubernur Sulsel, menyampaikan terima kasih kepada PT Vale. Dia menekankan pentingnya perawatan serius terhadap bibit pohon yang telah disalurkan, mengingat jumlah yang cukup besar dan luasnya lahan yang harus dirawat.

Andi Hasbi juga mengingatkan bahwa menanam pohon merupakan amal jariyah dalam agama, yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. Kepala Kantor Kecamatan Bontoa, Mulyadi, menambahkan bahwa menanam pohon merupakan cara terbaik dan jangka panjang untuk memperbaiki kualitas air, serta mengajak masyarakat untuk terus menanam pohon sebagai investasi masa depan.

Dengan inisiatif penghijauan ini, PT Vale Indonesia berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini