PT Vale Indonesia Tbk Mewarnai Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi di Kabupaten Kolaka

BERITALUTIM.COM – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) turut memeriahkan acara Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kolaka, Kamis, 22 Februari 2024 lalu.

Acara berlangsung di Lapangan Tenis Stadion Gelora 45, Kolaka, dan diresmikan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor. Hadir juga dalam acara ini adalah Kepala Disnakertrans Sultra, LM Ali Haswandi, Pj. Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Adriansyah Chaniago, Forkopimda Kolaka, dan ribuan pencari kerja.

PT Vale memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan informasi terkait operasional perusahaan kepada pengunjung. Termasuk di dalamnya adalah pengetahuan tentang proses perekrutan menjadi karyawan PT Vale dan perusahaan kontraktornya. Perusahaan tambang ini juga memberikan edukasi mengenai bahaya lowongan kerja palsu kepada para pengunjung.

Adriansyah Chaniago, Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, mengingatkan masyarakat mengenai maraknya informasi lowongan kerja palsu yang mengatasnamakan PT Vale di masyarakat dan media sosial. Ia menekankan pentingnya kehati-hatian dan kewaspadaan terhadap lowongan kerja palsu yang mengatasnamakan perusahaan tersebut.

“Mohon cermati informasi dari kami. Kemudian, yang tidak kalah pentingnya, masyarakat harus waspada terhadap situs-situs tidak resmi yang mengatasnamakan PT Vale. Untuk itu, langsung masuk ke situs resmi PT Vale Indonesia,” pesan Adriansyah Chaniago.

Adriansyah menegaskan bahwa proses rekrutmen tenaga kerja di PT Vale dilakukan secara transparan dan mengikuti regulasi pemerintah. Perusahaan juga menunjukkan komitmennya terhadap diversitas, kesetaraan, dan inklusi (DEI) dengan memberikan kesempatan yang sama kepada kaum perempuan dan penyandang disabilitas.

Salah satu pencari kerja, Misrani Madjid (23), menyambut baik kehadiran PT Vale pada Job Fair ini. Ia mengaku bahwa kegiatan tersebut membuka wawasannya agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi mengenai lowongan kerja palsu.

“Tadi kami telah diterangkan mengenai rekrutmen tenaga kerja itu dilakukan terbuka dan terdapat di situs resmi PT Vale,” ucap alumni Teknik Pertambangan USN Kolaka ini.

Pencari kerja lainnya, Habibi (31), menilai bahwa Job Fair sangat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan kerja perusahaan. Ia melihat PT Vale sebagai perusahaan yang cukup terbuka dalam hal rekrutmen tenaga kerja.

Sebelumnya, Pj. Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, menyampaikan data dari Disnakertrans Kolaka yang mencatat jumlah pencari kerja pada 2023 sekitar 8.661 orang, sedangkan lowongan kerja yang tersedia hanya sekitar 1.108 orang. Dalam konteks ini, Job Fair dianggap sebagai peluang penting bagi para pencari kerja.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, menyebutkan bahwa sebanyak 40 perusahaan turut serta dalam Job Fair di Kolaka. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara reguler untuk terus membuka peluang bagi para pencari kerja.

Afriansyah Noor juga mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Perpres Nomor 57 Tahun 2023 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan. Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh perusahaan di Kolaka untuk mematuhi peraturan tersebut dengan memberikan informasi lowongan kerja secara transparan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini