Berita Lutim

Kabar Terbaru Luwu Timur dan Sekitarnya

PT Vale Indonesia Tbk dan Komunitas Towuti Movement Bersatu dalam Aksi Peduli Lingkungan

BERITALUTIM.COM – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dengan berkolaborasi bersama Komunitas Sosial dan Pemuda Towuti Movement serta Pemda Luwu Timur. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, acara digelar di pelataran landmark Wawondula, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, pada Sabtu (24/02/2024).

Dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif,” acara ini menampilkan berbagai kegiatan positif. Mulai dari senam bersama, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah minimarket untuk membatasi penggunaan kantong plastik, peluncuran ECO Food Cort Area, penyerahan bantuan kepada pejuang sampah, hingga pembagian tas belanja berbahan kain kepada masyarakat sekitar. Puncak acara dihiasi dengan puluhan doorprize, dengan hadiah utama berupa sepeda listrik.

Jinan Syakir, Acting Chief Technology Officer (CTO) PT Vale Indonesia, menjelaskan bahwa PT Vale memiliki tiga prioritas, yaitu People, Planet, dan Profit. Salah satu nilai perusahaan adalah menghargai bumi dan masyarakat, yang diimplementasikan dengan mendukung program kepedulian lingkungan pemerintah dan masyarakat. Ia memberikan apresiasi kepada Towuti Movement sebagai penggerak positif dalam kegiatan peringatan HPSN.

“Kami melihat harapan yang baik untuk keberlanjutan lingkungan. Betapa senangnya kami melihat anak muda yang menjadi penggerak untuk kebaikan masyarakat. Dan saya yakin keberadaan Bapak dan Ibu di sini tentunya bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.

Jinan menekankan pentingnya mendukung upaya kecil masyarakat dalam mengelola sampah secara bijak, seperti berbelanja tanpa kantong plastik, memilah sampah sebelum dibuang, dan membawa botol air minum sendiri. Ia berharap perayaan HPSN tidak hanya seremonial, melainkan menjadi titik balik untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Muh. Nirwansyah, Ketua Panitia HPSN 2024, menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini menjadi tonggak perubahan dalam pola konsumsi dan pengelolaan limbah masyarakat. Ia mengingatkan bahwa sistem pengelolaan sampah yang buruk dan kebiasaan menggunakan kantong plastik dapat membahayakan lingkungan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran terkait masalah sampah ini,” tambahnya.

Ketua Towuti Movement, dalam ungkapannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Vale Indonesia atas kontribusinya dalam acara ini dan berbagai kontribusi positif kepada masyarakat Luwu Timur, khususnya para pemuda.

Masdin, yang mewakili Bupati Luwu Timur, menekankan upaya pemerintah daerah dalam menggalakkan gerakan kepedulian terhadap masalah sampah. Dia mengajak masyarakat untuk mengubah pandangan terhadap sampah plastik sebagai potensi ekonomis dengan kreativitas dan inovasi.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk memimpin upaya mengatasi masalah sampah plastik dengan mendorong inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan sampah melalui program daur ulang atau 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle),” tuturnya.

Dengan kampanye “Peduli Ki, Saya Jaga Ki,” Pemda Luwu Timur berharap masyarakat dapat ikut serta dalam menciptakan lingkungan hidup bersih, sehat, dan berkualitas. Masdin optimis bahwa dengan kolaborasi bersama, masalah sampah dapat diatasi secara lebih produktif untuk menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini