PT Adaro Energy Belajar dari Kesuksesan PT Vale dalam Pengelolaan Lingkungan dan Program CSR

BERITALUTIM.COM – Keberhasilan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam mengintegrasikan aspek lingkungan dan sosial dalam operasionalnya mendapat perhatian positif dari industri, menjadi pionir, dan menjadi inspirasi bagi perusahaan pertambangan lain, termasuk PT Adaro Energy Indonesia.

Pada kunjungan yang berlangsung pada Jumat (1/3/2024), PT Adaro Energy Indonesia, perusahaan yang berfokus pada sektor pertambangan batu bara, berkesempatan untuk belajar dari pengelolaan lingkungan dan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah diimplementasikan oleh PT Vale. Thoha, External Relation Division Head Balangan Coal Adaro Energy, menyampaikan ketertarikannya terhadap sejumlah program unggulan PT Vale di berbagai bidang.

“PT Adaro Energy di berbagai unit bisnis juga mengelola hal yang sama. Namun, apa yang sudah kami lakukan barangkali bisa lebih meningkat atau terdorong setelah mendapat masukan dan melihat langsung kegiatan di PT Vale. Dengan melihat, biasanya kita bisa lebih terdorong untuk melakukan hal-hal positif itu,” ungkap Thoha.

Rombongan PT Adaro melakukan kunjungan ke berbagai lokasi di PT Vale, termasuk PLTA Balambano, Utilities Control Room, Process Plant Area, Solia Mining Area, Nursery dan Taman Keanekaragaman Hayati, Arboretum Himalaya, Lamela Gravity Settler (LGS), Galeri Kareso Anatowa, dan Panti Sehat HIPHO.

Thoha menyatakan bahwa, walaupun pihaknya sudah menerapkan pengelolaan lingkungan dengan regulasi dan SOP yang telah diatur pemerintah, pihaknya tetap ingin belajar lebih banyak lagi dari PT Vale. Dia mengharapkan kunjungan ini dapat menjadi dorongan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program berkelanjutan yang diterapkan oleh PT Adaro Energy.

“Dengan begitu, dalam penerapan program berkelanjutan, PT Adaro Energy juga bisa meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Apalagi kita tahu bahwa PT Vale ini selalu mendapatkan reward di berbagai bidang,” jelas Thoha.

Kunjungan PT Adaro Energy disambut dengan hangat oleh PT Vale, dengan didampingi oleh Specialist Environment Sustainability PT Vale, Rizki Pratiwi. Zainuddin, Director Environment & Permit Management PT Vale, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi benchmark di area kerja kedua perusahaan terkait pengelolaan lingkungan dan program CSR.

“Sesi benchmark tidak hanya dilakukan satu arah melainkan saling berbagi program lingkungan, program cleaner energy, dan CSR. Kami menyambut baik kedatangan rombongan PT Adaro, jadi kita bisa sama-sama belajar,” ujar Zainuddin.

Dia menambahkan bahwa kunjungan tersebut membuka peluang untuk diskusi berkelanjutan tentang pengelolaan berbagai program yang telah dilakukan oleh kedua perusahaan. Zainuddin berharap bahwa melalui pertukaran pengalaman ini, kedua perusahaan dapat saling berbagi pengetahuan mengenai program-program positif yang memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Tujuannya bukan untuk ego masing-masing perusahaan. Tetapi bagaimana program pengelolaan lingkungan dan CSR kita bisa memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Zainuddin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini