Proyeksi APBD Luwu Timur Tahun 2024 Meningkat Menjadi Rp 1,9 Triliun

BERITALUTIM.COM – Proyeksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Luwu Timur untuk tahun 2024 dikabarkan meningkat hingga mencapai Rp 1,9 triliun. Informasi ini disampaikan dalam pembacaan Laporan Badan Anggaran yang dibacakan oleh Najamuddin di Ruang Sidang Paripurna DPRD Luwu Timur pada Kamis (23/11/2023).

Pada sidang Paripurna tersebut, juga dilakukan Persetujuan Bersama sekaligus Pendapat Akhir Kepala Daerah Terhadap Hasil Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Timur Tentang APBD Tahun Anggaran 2024.

Menanggapi hasil laporan Badan Anggaran, Bupati Budiman menyatakan rasa syukur atas peningkatan APBD sebesar Rp 1,9 triliun untuk tahun 2024.

Budiman menganggap peningkatan ini cukup signifikan, mengingat pada awalnya dianggarkan sebesar Rp 1,7 triliun untuk perubahan, namun kembali naik menjadi Rp 1,9 triliun.

“Dalam 2 tahun ini sangat luar biasa ada peningkatan, dari hanya 1,4 triliun dan menjadi 1,9 triliun untuk tahun anggaran 2024,” ujar Budiman usai menghadiri Rapat Paripurna di DPRD Luwu Timur, beberapa waktu lalu.

Budiman menjelaskan bahwa peningkatan ini tidak lepas dari kontribusi semua pihak, termasuk Pengelola Keuangan (Badan Keuangan) dan Badan Pendapatan (Bapenda), yang berhasil meramu sumber-sumber pendapatan. Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh peningkatan Pajak, PBB P2, dan BPHTB.

“BPHTB meningkat, sebagai bentuk apresiasi, kita juga memberikan Kendaraan Operasional ke BPN,” kata Budiman.

Budiman juga menekankan pentingnya menjalankan program gerakan berbagi setiap Jumat sebagai bentuk keberkahan daerah. Ia mengingatkan agar pengelolaan anggaran dilakukan dengan hati-hati karena besarnya belanja.

“Terakhir, mudah-mudahan belanja ini bisa meningkatkan seluruh indikator makro yang diperjanjikan, seperti pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, pengurangan pengangguran, peningkatan perkapita, penurunan kesenjangan, dan peningkatan indeks Pembangunan Manusia,” tambahnya.

Budiman menyampaikan terima kasih kepada DPRD dan tim anggaran di Pemda atas kerja sama yang baik dalam meningkatkan APBD. Ia berharap bahwa peningkatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini