Polres Luwu Timur Berhasil Memediasi Kasus Pencurian dengan Restorative Justice

BERITALUTIM.COM – Polres Luwu Timur berhasil mengatasi dugaan tindak pidana pencurian melalui proses mediasi atau restorative justice pada Jumat, 22 Desember 2023.

Seorang pemulung yang diduga terlibat dalam pencurian besi di rumah seorang wartawan di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, akhirnya mendapatkan pengampunan.

Meski sempat diamankan di Mapolres Luwu Timur setelah aksinya terekam CCTV, pelaku berhasil dipulangkan setelah menjalani mediasi dengan korban di Mapolres Luwu Timur pada Jumat (22/12/2023).

Albadru, yang akrab disapa Anto, selaku korban, tidak menginginkan tindakan hukum lebih lanjut terhadap pelaku. Ia hanya berharap agar kejadian tersebut menjadi pembelajaran bagi pelaku dan rekan-rekannya seprofesinya.

“Saya sebagai korban juga tidak ingin memperpanjang masalah ini, meskipun mengalami kerugian. Saya melihat dari sisi kemanusiaan, hanya berharap ini menjadi pembelajaran bagi mereka, karena kejadian semacam ini bukanlah yang pertama kali terjadi, dan mereka ini berkelompok,” ujar Anto.

Anto menjelaskan bahwa ia mengalami kerugian sekitar Rp. 3 juta akibat kejadian tersebut. Ia juga menyoroti bahwa kehilangan barang, seperti besi yang akan digunakan untuk pembangunan, sudah beberapa kali terjadi sebelumnya, namun baru kali ini terungkap karena terekam CCTV.

Kasubsi PIDM Si Humas Polres Luwu Timur, Bripka Muh Taufik, menambahkan bahwa terduga pelaku adalah Amaruddin alias Amar (46), warga Desa Wasuponda, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

“Laporan pengaduan saudara Albadru masuk pada tanggal 15 Desember 2023 lalu,” ungkap Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menyampaikan hasil mediasi tersebut, dimana kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan secara damai dan kekeluargaan. Terlapor mengakui dan meminta maaf atas perbuatannya terhadap pelapor, serta berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini