Polres Lutim Mengungkap Kasus Pembakaran Rumah Kepala Desa Lauwo

BERITALUTIM.COM – Polres Luwu Timur berhasil mengungkap kasus kebakaran yang menimpa rumah kepala Desa Lauwo, Kecamatan Burau, pada tanggal 5 Juli 2023 lalu.

Pada Senin, 7 Agustus 2023, seorang pria berusia 56 tahun bernama Samsul Hadi, yang merupakan seorang petani, warga Dusun Satu, Desa Sukamukti, Kecamatan Lalembu, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Pembakaran tersebut melibatkan penggunaan sekitar lima liter bahan bakar yang dimasukkan dalam sebuah jeriken 10 Liter. Bahan bakar ini ditempatkan di salah satu sudut rumah yang juga digunakan sebagai tempat parkir sepeda motor.

Samsul Hadi diduga melakukan tindakan ini atas dasar sakit hati terhadap situasi pribadinya. Motifnya terkait dengan perasaan marah dan kekecewaan karena istrinya pergi ke Kalimantan tanpa memberi tahu terlebih dahulu. Ironisnya, istri pelaku adalah saudara kandung dari Kepala Desa Lauwo, dan rumah yang terbakar juga merupakan tempat tinggal istri pelaku.

Berdasarkan bukti yang ditemukan di tempat kejadian, motif dan identitas pelaku menjadi semakin jelas. Petunjuk tersebut diantaranya adalah benda-benda berupa terpleks yang dililitkan kain yang berfungsi sebagai obor yang ditemukan di lokasi kejadian.

Polisi berhasil menyita beberapa barang bukti lainnya, termasuk ponsel, STNK motor, dan barang-barang lain yang menunjukkan keterlibatan pelaku di lokasi kejadian. Kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai 1 miliar rupiah.

“Tindakan ini melanggar Pasal 187 ayat 1 KUHP, yang mengatur tindak pidana pembakaran dengan ancaman hukuman pidana maksimal 12 tahun penjara. Saat ini, Samsul Hadi telah ditahan oleh Polres Luwu Timur sebagai tersangka. Lebih dari 11 saksi telah memberikan keterangan terkait peristiwa ini, dan pihak kepolisian berhasil menangkap pelaku,” ujar Wakapolres Luwu Timur, Kompol Syamsul, dalam konferensi pers di Aula Tribrata Polres Lutim.

Sebelumnya, Rumah milik Kepala Desa (Kades) Lauwo, yang terletak di Dusun Lauwo Atas, Desa Lauwo, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur hangus terbakar. Kebakaran diduga sengaja dipicu orang tak dikenal (OTK).

Kasubsi PIDM Si Humas Polres Lutim, Bripka Muh Taufik kepada SINDO Makassar menjelaskan, saat ini polisi sedang memeriksa dua saksi.

“Kejadian kebakaran itu terjadi pada pukul 02.30 Wita, dan dua saksi yang sudah dimintai keterangan. Kedua saksi itu adalah keluarga Pak Desa,” jelas Taufik, Rabu (5/7/2023).

Taufik menjelaskan, kebakaran awalnya disadari oleh Kepala Desa Lauwo saat sedang beristirahat di dalam rumah. Dia terbangun setelah melihat kilapan cahaya api yang menerangi bagian ruangan kamar. Ia juga mencium bau bensin.

Setelah itu Kades Lauwo bergegas mengecek asal cahaya itu. Ternyata si jago merah telah merembet dan membakar empat unit sepeda motor miliknya dan satu unit sepeda motor Dinas.

“Dari keterangan saksi dan korban bahwa di sekitar TKP tepatnya di samping rumah korban telah ditemukan satu buah obor (dalam posisi belum dibakar) yang terbuat dari kayu tripleks yang diujungnya dikaitkan kain, di mana obor tersebut telah disiram cairan berbau bensin,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini