Peringati Tahun Baru Islam 1442 H, Baznas Bersama Pemkab Luwu Timur Santuni Anak Yatim

MALILI, BERITALUTIM.COM- Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Luwu Timur bersama pengurus Musholla Abu Bakar Desa Wonoerjo Timur Kecamatan Mangkutana menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 dengan memberikan santunan kepada 14 anak yatim.

Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler bersama Ketua TP PKK Luwu Timur, Puspawati, Anggota DPRD, Rully Heriawan serta beberapa tokoh masyarakat, majelis taklim dan beberapa tokoh agama di Kecamatan Mangkutana di Musholla Abu Bakar, Rabu (19/08/2020).

Ketua Baznas Luwu Timur, Abdul Salam Nur mengatakan potensi zakat di Luwu Timur membayar zakatnya di Baznas itu bisa mencapai Rp 100 miliar setiap tahunnya. Menurutnya dari pengelolaan zakat itu secara tidak langsung mendukung upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

“Di Wonorejo Timur ini ada sekitar 155 hektar lahan persawahan. Ini potensi zakatnya jika dikeluarkan 5 persen zakat pertanian tentu akan sangat besar manfaat bagi kaum mustahik” ungkapnya.

Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler dalam sambutannya mengatakan peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah ini sangat berkesan karena dirangkaikan dengan penyerahan santunan untuk anak yatim.

Ia melanjutkan, potensi zakat ini harus di dukung masyarakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Ia merincikan dari sektor tanaman pangan saja, perputaran uang ditingkat petani sudah bisa mencapai Rp 1,3 Triliun lebih.

“Kalau semua petani ini membayar zakat, dengan estimasi 5 persen zakat pertanian yang harus dikeluarkan, itu potensinya sangat besar” jelasnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga mengatakan bahwa berdasarkan data statistik, Luwu Timur merupakan daerah yang paling tinggi dalam upaya pengentasan kemiskinan. Itu artinya program dan kebijakan yang dijalankan sudah sejalan dengan upaya pengurangan angka kemiskinan.

“Zakat secara tidak langsung juga mendukung upaya pengentasan kemiskinan. Olehnya itu, selaku umat islam, saya mengajak kita semua untuk menyalurkan zakat kepada Baznas agar pengelolaan jelas dan tepat sasaran ” tutupnya. (*).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini