Peringati HPSN 2024, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mendorong Kesadaran Atas Sampah Plastik

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar kegiatan Kampanye 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle), di Halaman Kantor Bupati Lutim, Rabu (21/02/2024).

BERITALUTIM.COM – Asisten Pemerintahan dan Kesra Luwu Timur, Aini Endis Anrika, menyoroti masalah serius yang dihadapi setiap daerah di Indonesia saat ini, yakni permasalahan sampah. Dalam pernyataannya, Aini Endis menyatakan bahwa peningkatan jumlah penduduk dan pola konsumsi masyarakat telah menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan.

Menurut Asisten I Pemerintahan dan Kesra, pola konsumsi masyarakat juga mempengaruhi komposisi material sampah dan limbah, termasuk kandungan material sulit terurai alami dan material berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

“Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari menjadi bagian dari perjalanan panjang dalam sistem pengelolaan sampah. Tema HPSN tahun ini dipilih karena masalah serius sampah plastik yang masih menjadi perhatian baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Aini Endis lebih lanjut menjelaskan bahwa sampah plastik telah mencemari udara, tanah, dan laut. Tingginya minat produsen dan masyarakat terhadap kemasan yang mudah diproduksi dan digunakan menjadi penyebab utama munculnya sampah plastik. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya mengelola dan menangani sampah plastik dengan metode 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan ulang/pemanfaatan), dan Recycle (daur ulang).

“Metode 3R ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memanfaatkan kembali sampah yang dapat didaur ulang,” tegasnya.

Aini Endis juga memaparkan bahwa Program “Peduli Ki’ Saya Jaga Ki’” merupakan upaya nyata dalam peduli terhadap kesehatan dan lingkungan, yang diharapkan dapat diterapkan oleh pemerintah di berbagai tingkatan, dunia pendidikan, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi wanita.

“Kebijakan-kebijakan pemerintah daerah saat ini diharapkan dapat menjadi jangkar sosial. Mari bersama-sama membantu dalam mensukseskan seluruh program ini,” ajak Aini Endis Anrika kepada masyarakat Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini