Peringati HLHS, Camat Angkona Bersama PTPN4 Tanam Pohon di Permandian Desa Mantadulu

BERITALUTIM.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Camat Angkona I Putu Gede Sudarsana bersama dengan PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN4) Distrik Sulawesi Unit Usaha Kebun Luwu II melaksanakan kegiatan penanaman bibit buah-buahan di sekitar aliran sungai permandian Desa Mantadulu, Sabtu (08/06/2024) dan turut hadir Camat Angkona didampingi oleh Kapolsubsektor Angkona, Kades Mantadulu, Kades Taripa, dan Kades Tawakua.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama di area sekitar aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan dan sekaligus tempat Wisata bagi banyak warga.

Camat Angkona, I Putu Gede Sudarsana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang senantiasa ditekankan oleh Bapak Bupati Luwu Timur H.Budiman melalui gerakan “Peduliki Saya Jagaki”.

Dengan gerakan kepedulian terhadap lingkungan diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi keberlangsungan ekosistem setempat serta menyediakan sumber pangan alternatif bagi masyarakat.

“Kami berharap dengan penanaman bibit buah-buahan ini, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di masa mendatang. Buah-buahan yang ditanam di sepanjang aliran sungai ini meliputi durian musangking, dan alpukat aligator yang nantinya dapat dipanen dan dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ujar Camat Angkona.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh PTPN4 sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di wilayah ini turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Bibit buah-buahan yang telah di siapkan oleh pihak PTPN4 ditanam pada kegiatan ini meliputi berbagai jenis, seperti mangga, rambutan, durian, dan jambu air. Dipilihnya jenis-jenis buah ini karena selain mudah ditanam, juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan cocok dengan kondisi tanah di daerah permandian Desa Mantadulu.

Acara ini diakhiri dengan penanaman simbolis oleh Camat Angkona dan perwakilan PTPN4, serta diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus menjaga dan merawat lingkungan sekitar demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. (Ikp-humas/kominfo-sp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini