Pentingnya Pendidikan Politik bagi Pemilih, Pawennari: Peningkatan Partisipasi adalah Kerja Gotong Royong

BERITALUTIM.COM – Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Timur, Pawennari, menekankan bahwa peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu maupun Pilkada merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini melibatkan penyelenggara Pemilu, Pemerintah Daerah, Partai Politik, Perguruan Tinggi, serta seluruh lapisan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan Pawennari saat menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih untuk menghadapi tahapan Pilkada dengan tema “Pengawasan Sosialisasi pada Tahapan Pemilihan.”

Dalam kegiatan tersebut, Pawennari memaparkan materi yang menitikberatkan pada pengawasan partisipatif dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

“Dengan adanya pengawasan partisipatif, diharapkan tercipta kerjasama antara penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, dan masyarakat. Kerjasama ini penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ujar Pawennari pada Rabu kemarin (19/6/2024).

Lebih lanjut, Pawennari menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pengawasan pada setiap tahapan Pemilihan, sosialisasi, pendidikan politik bagi pemilih, hingga survei atau jajak pendapat tentang Pemilihan.

“Dengan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada, diharapkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat mengenai hak dan kewajibannya dalam Pemilu dapat meningkat,” ungkap Pawennari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini