Penjabat Gubernur Sulsel Meriahkan Peringatan HUT Luwu ke-756 dan HPRL ke-78

BERITALUTIM.COM – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, diberikan sambutan luar biasa saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Luwu yang ke-756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) yang ke-78. Acara tersebut berlangsung di Stadion Andi Hasan Opu Tohatta, Luwu Timur, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Bahtiar Baharuddin dan rombongan yang turut hadir disambut dengan kehadiran 756 penari yang mempersembahkan tarian kolosal sebagai bagian dari penyambutan spesial.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin turut ditemani oleh Staf Ahli Pemprov Sulsel, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulsel, dan seluruh rombongan lainnya yang turut memeriahkan acara tersebut.

Andi Tabacina Akhmad, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Parmudora) Kabupaten Luwu Timur, menyatakan bahwa penyambutan khusus dengan melibatkan 756 penari ini diselenggarakan dengan tujuan tertentu. “Kami sengaja membuat penyambutan dengan personil 756 orang, dengan berbagai tarian khas Luwu Timur,” ujarnya.

Sebagai bagian dari perayaan, dilakukan pertunjukan Tari Kolosal Simpuru’siang oleh 756 siswa-siswi dari SMA, SMP, dan SMK se-Kecamatan Malili, bersama dengan Sanggar Tari Rumah Singgah Kecamatan Wotu.

“Kami menampilkan tarian kolosal yang jumlah penarinya 756 orang, sesuai dengan ulang tahun Luwu ke-756,” tambahnya.

Pertunjukan tersebut juga menjadi bukti keberagaman Luwu Timur sebagai daerah dengan multi etnis. Tarian kolosal mencakup keberagaman etnis seperti Bugis, Toraja, Mandar, Bali, Jawa, dan masih banyak lagi, mencerminkan kekayaan budaya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Andi Tabacina Akhmad menyampaikan kebanggaannya terhadap berbagai tarian yang ditampilkan, memperlihatkan kekayaan budaya Luwu Timur yang multietnis. “Didalamnya kita perlihatkan berbagai macam tarian yang ada di Luwu Timur, kemudian semuanya ada di sini, memperlihatkan budaya kita disini multi etnis dan Alhamdulillah berlangsung lancar,” ungkapnya.

Acara ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Kedatuan Luwu, Bupati Luwu, Bupati Luwu Timur, Bupati Luwu Utara, Bupati Kolaka, Bupati Kolaka Utara, Wali Kota Palopo, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, dan anggota DPRD kabupaten kota se-Tana Luwu, semakin mengukuhkan keberhasilan perayaan HUT Luwu dan HPRL tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini