Peningkatan Tata Kelola Kelapa Sawit Difokuskan di Kabupaten Luwu Timur

BERITALUTIM.COM – Bupati Luwu Timur, Budiman, bersama Wakil Bupati, Mochammad Akbar Andi Leluasa, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Amrullah, membuka Rapat Koordinasi yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola kelapa sawit sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Luwu Timur. Acara ini berlangsung di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, pada Rabu (07/02/2024).

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Camat Mangkutana beserta jajarannya, para Koordinator PPL dan Fungsional, Kepala Desa Kasintuwu (Margolembo dan Sindu Agung), Ketua Apkasindo dan Apkasindo Perjuangan Luwu Timur, para Pelaku Usaha, Pengurus, dan anggota Kelompok Tani Kelapa Sawit. Turut serta pula dalam kegiatan ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan beserta jajarannya.

Bupati Luwu Timur, Budiman, menyampaikan menurut data statistik perkebunan tahun 2022, luas kebun kelapa sawit mencapai 9.271,38 ha dengan jumlah pekebun sebanyak 4.570 KK. Angka ini meningkat menjadi 9.806,35 ha dengan jumlah pekebun mencapai 4.740 KK pada bulan Desember 2023.

“Sebagai bentuk dukungan pengembangan kelapa sawit secara nasional, pemerintah telah mengalokasikan pembiayaan yang cukup besar melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS),” ujar Budiman.

Budiman juga menjelaskan upaya pemerintah daerah dalam mendorong investasi di industri kelapa sawit selama 3 tahun terakhir. Meskipun demikian, ia mengakui adanya dinamika dan problematika pasar, di mana Tandan Buah Segar (TBS) masih sering dipasarkan keluar dari wilayah Kabupaten Luwu Timur.

“Sebagai salah satu daerah sentra kelapa sawit di Provinsi Sulawesi Selatan, sudah saatnya kita menata dan memperbaiki pengelolaan persawitan mulai dari penataan hingga penguatan,” tambah Budiman.

Selain memberikan arahan, Budiman didampingi Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pertanian, melakukan penandatanganan prasasti bantuan sarana dan prasarana jalan perkebunan kelapa sawit untuk kelompok tani Caryata Jaya Desa Kasintuwu dan kelompok tani Laimbo Permai Desa Margolimbo. Harapannya, Rapat Koordinasi ini menjadi momentum penting dalam membangun dan mengembangkan sektor kelapa sawit yang lebih baik di masa mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini