Peningkatan Anggaran untuk Sektor Peternakan di Luwu Timur: Rp 4,4 Miliar untuk Pengadaan Bibit Ternak

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Daerah Luwu Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggenjot sektor peternakan dengan menganggarkan dana sebesar Rp 4,4 miliar untuk pengadaan bibit ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Amrullah, mengungkapkan bahwa sektor peternakan di daerah yang dikenal sebagai Bumi Batara Guru menunjukkan potensi yang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, anggaran untuk sektor ini mengalami peningkatan signifikan.

“Tahun lalu hanya Rp 2,3 miliar. Sekarang kita tambah menjadi Rp 4,4 miliar khusus untuk pengadaan bibit ternak. Hal ini seiring dengan meningkatnya anggaran total, yang saat ini mencapai 81,6 miliar lebih. Ada peningkatan sekitar 23 miliar lebih dibandingkan tahun 2023 yang hanya mencapai Rp 46 miliar lebih,” ujar Amrullah pada Jumat (23/02/24).

Amrullah menekankan bahwa peningkatan anggaran ini sejalan dengan perhatian Bupati Luwu Timur, Budiman, terhadap sektor pertanian. Sektor ini dianggap memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup tinggi, dan pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan perannya guna bersaing dengan sektor pertambangan yang kini mendominasi di Kabupaten Luwu Timur.

Sebelumnya, Bupati Luwu Timur, Budiman, telah menyatakan bahwa perlu dilakukan peningkatan sarana dan prasarana pertanian. Hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sektor ini secara cepat.

“Pengadaan benih padi, belerang untuk pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), bantuan hand traktor, pompa, mesin tanam, dan alat mesin pertanian lainnya telah disalurkan. Ini merupakan bukti nyata perhatian Bupati Budiman dalam mendorong pertumbuhan sektor pertanian di Bumi Batara Guru,” ungkap Amrullah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini