Pengetahuan Regulasi Kepemiluan Panwascam Terus Ditingkatkan

Luwu Timur –  Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Luwu Timur terus meningkatkan pengetahuan regulasi kepemiluan bagi Panwaslu Kecamatan dalam rangka mematangkan persiapan pengawasan penyelenggaraan pemilu pada 2024 mendatang.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber berkompeten di bidangnya diantaranya Anggota DKPP RI Ratna Dewi Pettalolo dan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Sulawesi Selatan Andi Syahwiah A. Sapiddin.

Ketua pelaksana kegiatan yang disampaikan Kepala Sekretariat Bawaslu Luwu Timur, Lenny Thalib menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang produk hukum pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

“Jadi dengan kegiatan ini kita berharap terciptanya penyamaan persepsi pengawas ad hoc dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan pengawasan pemilu,” kata dia.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Luwu Timur, Sukmawati Suaib yang membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan kali ini akan fokus pada peningkatan pemahaman pengawas ad hoc kecamatan dalam memahami regulasi pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

“Kami berharap semua peserta serius dan tertib mengikuti kegiatan sehingga nantinya diharapkan seluruh panwaslu kecamatan memahami dan mengimplementasikan secara baik aturan yang berlaku untuk menghindari pelanggaran kode etik penyelengara pemilu,”kata Sukmawati.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Ketua Bawaslu Luwu Timur yang memberikan arahannya melalui zoom meeting mengatakan, Bawaslu terus meningkatkan serta merubah mindset dan pola pikir panwaslu kecamatan dalam rangka menghadapi tahapan pemilu 2024.

Rachman menerangkan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan sebagai upaya meningkatakan kualitas dan kapasitas pengawas pemilu ad hoc kecamatan.

Sejumlah narasumber yang berkompeten dan bertaraf nasional pun telah dihadirkan Bawaslu Luwu Timur untuk memberikan pemahaman baik dari sisi regulasi maupun dari segi teknis pengawasan penyelenggaraan pemilu.

Setelah mengikuti pembekalan selama sebulan terakhir dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, Rachman berharap Panwaslu Kecamatan dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah diberikan.

“Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu semata-mata untuk memberikan pembekalan kepada panwaslu kecamatan dalam melakukan pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu sehingga nantinya mereka tidak bingung lagi apa yang harus dilakukan di lapangan,”tutup Rachman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini