Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Gelar Rapat Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), menyelenggarakan Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045. Acara ini berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur pada Jumat (05/01/2023).

Forum Konsultasi Publik ini menjadi kelanjutan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, Kepala perangkat daerah, Camat, TP PKK, Dharma Wanita, dan sejumlah pimpinan organisasi.

Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli, yang membuka acara ini mewakili Bupati Luwu Timur, menjelaskan bahwa RPJPD 2025-2045 adalah penjabaran visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang selama 20 tahun. Dokumen ini disusun berdasarkan pedoman dari Rencana Pembangunan Jangka Nasional (RPJPN), RPJPD Provinsi, dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“RPJPD ini merupakan dokumen yang sangat strategis karena menjadi acuan bagi Calon Kepala Daerah dalam menyusun Visi dan Misi pada kontestasi pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah,” kata Sekda H. Bahri Suli. Dia menambahkan bahwa RPJPD ini akan dituangkan dalam dokumen RPJMD setiap lima tahun.

RPJPD 2025-2045 diarahkan dalam empat tahap pembangunan 5 tahunan, yaitu Penguatan Pondasi (2025-2030), Percepatan/Akselerasi (2030-2035), Ekspansi (2035-2040), dan Pemantapan dan Perwujudan (2040-2045). Tema setiap tahapan menjadi landasan dalam merumuskan kebijakan pembangunan daerah.

Kepala Bapelitbangda Luwu Timur, Dohri Asari, memaparkan rancangan awal RPJPD Kabupaten Luwu Timur 2025-2045 yang selaras dengan RPJPN tahun 2025-2045 dan memperhatikan keterkaitan dengan dokumen perencanaan lainnya. Visi RPJPD Kabupaten Luwu Timur adalah “Luwu Timur Maju, Harmonis, dan Berkelanjutan 2045.”

Narasumber dari BPS Luwu Timur, Herbudiman Suandy, memberikan informasi terkait indikator makro seperti jumlah penduduk, mortalitas, fertilitas, dan persentase penduduk miskin. Dia juga menyajikan data terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Luwu Timur, yang menunjukkan peningkatan konsisten dan pembaikan pada tahun 2023.

Sekda H. Bahri Suli menutup forum dengan mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan stakeholder untuk memberikan saran, masukan, dan koreksi dalam menyempurnakan RPJPD 2025-2045 agar dapat menjawab permasalahan dan tantangan masa depan secara tepat. Forum Konsultasi Publik ini diharapkan menjadi momentum untuk partisipasi aktif seluruh pihak dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini