Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Buka Pendaftaran Program Arus Balik Gratis Pasca-Idul Fitri

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin kembali ke tempat kerja atau domisili mereka setelah merayakan Idul Fitri 1445 hijriah di kampung halaman. Komitmen ini ditunjukkan dengan pembukaan pendaftaran Program Arus Balik Gratis yang akan dimulai besok.

Program Arus Balik Gratis ini merupakan kelanjutan dari program mudik gratis yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan pulang, terutama bagi mereka yang menggunakan moda transportasi umum.

Pendaftaran program Arus Balik Gratis akan mulai disebar Sabtu (13/04/2024), sekitar pukul 12.00 Wita di semua platform Media Sosial Dinas Kominfo-SP Luwu Timur. Warga yang berminat diharapkan untuk mempersiapkan identitas diri dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur, AR. Salim, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan program ini, menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini.

“Program ini kami sediakan untuk membantu masyarakat dalam perjalanan pulang, terutama mereka yang menghadapi kendala finansial atau kesulitan transportasi,” ujarnya.

Salim juga menjelaskan bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Luwu Timur untuk kembali menyediakan Arus Balik Gratis seperti pada program Mudik Gratis sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi volume kendaraan di jalan dan angka kecelakaan.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Arham Alqaf, menambahkan bahwa Program Arus Balik Gratis ini merupakan kelanjutan dari Program Mudik Gratis yang telah dilaksanakan pada Tanggal 7 dan 8 April 2024. Rencananya, pemberangkatan akan dilakukan pada Senin, 15 April 2024, dengan 7 unit bus yang disediakan, melayani warga Kabupaten Luwu Timur dengan syarat KTP.

Pemberangkatan akan dilaksanakan dari beberapa tempat seperti Terminal Wawondula, Terminal Transport Sorowako, Terminal Malili, Perwakilan Bus Borlindo Mangkutana, dengan semua armada berkumpul di Terminal Tarengge untuk bersama-sama berangkat menuju Makassar. Titik jemputan penumpang asal beberapa kecamatan akan disesuaikan setelah pendaftaran.

Sementara itu, untuk kecamatan Wasuponda, Angkona, Tomoni Timur, Kalaena, dan Burau, titik jemputan akan disesuaikan setelah pendaftaran. Program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Luwu Timur yang pulang setelah merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini