Pawennari Minta Panwaslu Kecamatan Lutim Aktif Lakukan Pencegahan Pelanggaran Kampanye Pemilu 2024

BERITALUTIM.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Pawennari, mengimbau agar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan lebih proaktif dalam mencegah pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Proses Pencalonan Presiden & Wakil Presiden, serta anggota DPR, DPD, dan DPRD dengan tema Evaluasi Hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur pada Penyelenggaraan Pemilu 2024. Acara ini dilaksanakan di Hotel I Lagaligo pada Minggu, 3 Desember 2023.

Pawennari menekankan bahwa tujuan pengawasan yang dilakukan oleh Panwaslu bukanlah untuk menghalangi atau mengintimidasi peserta Pemilu, melainkan untuk melindungi mereka dan mencegah keterlibatan pihak-pihak yang dilarang dalam kegiatan kampanye agar tidak terkena konsekuensi hukum, khususnya pidana.

“Kita berharap, konsekuensi hukum yang memungkinkan dapat menjerat masyarakat bisa dinetralisir melalui pencegahan aktif yang dilakukan seluruh jajaran Pengawas Pemilu di lapangan,” ujar Pawennari.

Dalam konteks ini, Pawennari juga meminta agar Panwaslu Kecamatan membangun komunikasi yang baik dengan pelaksana kegiatan kampanye di lapangan guna mencegah pelanggaran yang dilarang oleh Undang-Undang Pemilu.

Ia menegaskan bahwa pengawasan harus dilakukan sejak awal, sebelum kampanye dimulai, agar potensi pelanggaran dapat terdeteksi dan dicegah dengan cepat.

Acara tersebut dihadiri oleh Anggota Bawaslu Luwu Timur, Sulkifli, perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, serta Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini