BREAKING NEWS

Pasca Dilantik, 61 Kades dan Ketua TP PKK Desa Dibekali Bimtek

Minggu, 12 Desember 2021 | 07:25 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Tiga Pekan setelah dilantik , 61 Kepala Desa (Kades) dari hasil Pilkades Serentak Kabupaten Luwu Timur 2021 dan Pilkades Antar Waktu 2021 digembleng melalui Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek Orientasi Pelaksanaan Tugas dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya kepala desa.

Kegiatan yang mengikutsertakan Ketua TP- PKK Desa masing masing dibuka Bupati Luwu Timur H. Budiman dan akan berlangsung dari tanggal 12-15 Desember 2021 di Grand Asia Hotel, Jln Boulevard Kota Makassar, Minggu (12/12/2021).

Dalam sambutannya di hadapan Kepala Desa dan Ketua TP PKK, Bupati Luwu Timur H.Budiman berharap baik kepada kepala desa yang lama maupun yang baru agar membawa perubahan bagi masing masing desa. Tentunya melalui terobosan program-program pemberdayaan dan pembangunan desa serta pengelolaan dana desa yang baik, profesional, dan transparan.

Selain itu, juga diharapkan tetap berkolaborasi serta bersinergi untuk akselerasi berbagai program kegiatan yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah.

“Saya berharap dinas terkait dan camat untuk selalu sharing dengan kepala desa agar program yang telah direncanakan bisa berjalan seperti yang diharapkan” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menuturkan bahwa terkait dengan pelaksanaan orientasi pelaksanaan tugas kepala desa dan TP PKK Desa, kedepan ada beberapa yang menjadi penekanan diantaranya peserta orientasi harus memahami tugas dan fungsi serta konsep sinergitas perencanaan pembangunan daerah dan pembangunan didesa.

Selanjutnya, Kata Bupati, yakni peserta harus mampu memahami konsep dasar perencanaan pembangunan desa sehingga dapat menyusun perencanaan pembangunan desa yang berkualitas, tepat waktu, dan tepat mutu serta mampu merencanakan pengadaan barang dan jasa di tingkat desa.

Olehnya itu, Bupati berharap segenap peserta orientasi agar senantiasa berupaya untuk memahami apa saja yang disampaikan para narasumber.

“Saya berharap kepada kita semua untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik baiknya, sehingga apa yang didapatkan selama mengikuti orientasi dapat diaplikasikan di desa masing masing” harap Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Luwu Timur Halsen dalam laporannya mengatakan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya kepala desa yang baru dalam menjalankan roda pemerintahan didesa dibidang pemerintahan aparatur pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa terutama dalam penyusunan, perencanaan dan pelaporan APBDes yang sesuai dengan asas dan prinsip pengelolaan keuangan desa.

“Orietasi dan Bimtek bagi kepala desa sangatlah penting, utamanya bagi kepala desa baru, salah satunya menjelaskan tugas-tugas dan fungsi kepala desa” ujar Halsen dalam laporannya.

Harapannya, setelah mengikuti orientasi para kepala desa akan memiliki kompetensi, skill serta wawasan yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan memajukan daerah.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya Ketua Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah (LPOD) Prof. Dr.H.Rasyid Thaha, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur Hj. Sufriaty, Kepala Perwakilan BPKP Makassar serta Inspektur Kabupaten. (op/hms)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT