Masyarakat Luwu Timur Pertanyakan Kelangkaan Jatah Pupuk untuk Musim Tanam 2024

BERITALUTIM.COM – Masyarakat Luwu Timur mengungkapkan kekhawatiran mereka terkait kelangkaan atau berkurangnya jatah pupuk untuk petani pada musim tanam tahun 2024.

Anggota DPRD Luwu Timur dari Partai Demokrat, I Made Sariana, turut mempertanyakan keseriusan pengecer dalam mendistribusikan jatah pupuk kepada petani. Menurutnya, jatah pupuk untuk petani seharusnya telah diatur dan didaftarkan sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) oleh kelompok tani masing-masing.

“Penyaluran pupuk ke petani sering terlambat karena ulah pengecer, dan hal ini perlu dievaluasi oleh Dinas terkait dan distributor,” ungkap I Made Sariana.

Ia juga mengakui bahwa meskipun sebagian besar petani telah melakukan pemesanan pupuk, namun masih banyak yang mengalami keterlambatan dalam pengirimannya, yang menyebabkan keluhan dari para petani.

“Hampir di seluruh wilayah, petani mengeluh karena pupuk terlambat diterima,” tambahnya pada Selasa (04/06/2024).

Sebagai solusi, I Made Sariana meminta kepada Dinas Pertanian untuk melakukan verifikasi terhadap para pengecer yang nakal dan segera mengganti mereka. Sebagai wakil rakyat, I Made Sariana berjanji akan mengundang dinas terkait dalam waktu dekat untuk membahas permasalahan yang sedang dialami petani di Luwu Timur saat ini, termasuk mengenai kelangkaan jatah pupuk untuk musim tanam tahun 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini