Lomba Perpustakaan Desa 2023: Tingkatkan Profesionalisme Pengelola dan Minat Baca Masyarakat

BERITALUTIM.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu Timur kembali menyelenggarakan lomba perpustakaan Desa untuk tahun 2023. Sebanyak 10 perpustakaan Desa dari sepuluh kecamatan terlibat dalam kompetisi ini, kecuali kecamatan Burau.

Penilaian lomba berlangsung mulai tanggal 23 hingga 30 November 2023, sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Perpustakaan Desa Lera di Kecamatan Wotu dan Perpustakaan Desa Koroncia di Kecamatan Mangkutana menjadi perpustakaan pertama yang dinilai oleh tim penilai, melibatkan Diskominfo, Dinas PMD, DPK, dan TP PKK.

Seperti tahun sebelumnya, penilaian lomba perpustakaan Desa tahun ini tetap menggunakan 10 instrumen yang merupakan standar baku lomba perpustakaan desa tingkat nasional. Instrumen tersebut mencakup aspek kelembagaan, gedung/ruang perpustakaan, perabot dan perlengkapan, tenaga pengelola perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan dan dukungan pemerintah, promosi perpustakaan, serta hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Tim Penilai lomba perpustakaan Desa tahun 2023, Jeanet (Pustakawan Madya), didampingi oleh Pustakawan Ahli Madya, Relince Miri, Suryanti, dan Suharti (Ahli Muda), menyatakan bahwa ke-10 instrumen penilaian tersebut diramu dalam dokumen kuesioner yang diberikan kepada pengelola perpustakaan desa sesuai dengan kondisi yang ada untuk diisi.

“Tim penilai turun ke lapangan untuk mencocokkan dan memverifikasi apakah data yang diisi sesuai dengan kenyataan di lapangan,” kata Jeanet.

Jeanet menambahkan, dengan adanya penilaian Perpustakaan Desa setiap tahun, diharapkan dapat menghasilkan pengelola perpustakaan yang profesional sehingga minat baca masyarakat juga meningkat. Lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi stimulus untuk peningkatan kualitas perpustakaan desa dan pendorong meningkatkan literasi di masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini