Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Digelar di Lapangan Merdeka Malili

BERITALUTIM.COM – Bertempat di Lapangan Merdeka, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, pada Rabu (08/05/2024), dilaksanakan Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana oleh Pokja 4 TP-PKK bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Luwu Timur. Latihan tersebut melibatkan murid SD, TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, serta segenap pelaku penanggulangan bencana lainnya.

Materi yang disampaikan dalam latihan ini berupa sosialisasi dan simulasi terkait teknik evakuasi mandiri jika terjadi gempa bumi. Tujuan dari kegiatan simulasi bencana ini adalah memberikan pembelajaran awal pada masyarakat mengenai mitigasi bencana. Dengan sosialisasi ini, para pelajar diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya dalam menghadapi bencana alam dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi.

Tahapan simulasi dimulai sejak sirine berbunyi, kemudian setiap peserta diminta untuk menyelamatkan diri di tempat yang dianggap paling aman. Setelah itu, bunyi sirine kedua mengindikasikan untuk menuju tempat kumpul sementara. Selanjutnya, disiapkan jalur evakuasi menuju tempat kumpul akhir, dan petugas akan mengecek apakah ada kerusakan pada gedung-gedung atau tidak.

Dalam simulasi tersebut, diperagakan penanggulangan bencana gempa bumi yang mengakibatkan tanah longsor, kebakaran akibat konsleting listrik, pohon tumbang, dan berbagai kejadian lainnya dengan berbagai dinamikanya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya latihan simulasi ini, masyarakat dapat mengetahui tindakan awal yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri dan mempersiapkan kesiapsiagaan individu ketika berada di kantor atau bersama keluarga di rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini