Kuota Pupuk Subsidi di Lutim, Urea 12,5 Ribu Ton, NPK 16,6 Ribu Ton

Luwu Timur – Kuota pupuk subsidi untuk para petani perkebunan di Luwu Timur pada tahun ini sebanyak 33,5 ribu ton.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Amrullah Rasyid saat Rapat Dengar pendapat (RDP) diruang Komisi II DPRD Luwu Timur, Selasa (24/01/23).

Saat RDP tersebut Amrullah menjelaskan, dari jumlah kuota pupuk subsidi yang disebutkan itu telah sesuai luasan lahan yang diusulkan oleh para petani.

“Jumlah kuota pupuk subsidi disesuaikan dengan luas lahan pertanian dan perkebunan yang diusulkan oleh Petani sendiri melalui sistem E Lahan atau Lokasi yang dimiliki oleh para petani yakni dua hektar per orang sesuai dengan aturan Kementerian Pertanian yang diunggah melalui sistem online,” kata Amrullah.

Adapun Jenis pupuk subsidi itu, kata Amrullah, pupuk urea, NPK dan NPK formula khusus, yang penyalurannya melalui distributor dan penyalur yang telah ditunjuk oleh Dinas Pertanian melalui Kementerian Pertanian RI.

Selain itu, kata Amrullah, kuota pupuk itu nantinya tidak diperuntukkan bagi para petani tambak melainkan petani yang menanam sembilan jenis komoditi.

“Yang mendapatkan pupuk ini nantinya petani komoditi seperti padi, jagung, kedelai, kakao, tebu rakyat, kopi, bawang merah dan bawang putih serta tanaman pangan,” tuturnya.

Amrullah menambahkan adapun rincian usulan di sebelas Kecamatan untuk pupuk urea sebesar 12,6 ribu ton, NPK sebanyak 16,6 ribu ton dan NPK formula khusus 4,1 ribu ton, kecuali Kecamatan Towuti tidak mengusulkan pupuk jenis NPK formula khusus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini