BREAKING NEWS

Kunker di Tomoni, Bupati Serahkan Penghargaan Bagi Kades Tertib Administrasi Desa

Kamis, 21 April 2022 | 12:29 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Bupati Luwu Timur, H. Budiman kembali melanjutkan kunjungan Kerjanya di kecamatan dalam rangka evaluasi program 2021 dan kick off program 2022 Pemerintah Kabupaten Luwu Timur berbasis kecamatan, Kamis (21/04/2022).
    Kali ini, Kecamatan Tomoni mendapat kesempatan sebagai lokus kunjungan kerja dan sekaligus menjadi kecamatan terakhir atau kesebelas yang dikunjungi oleh Bupati Luwu Timur dalam program menyapa desanya yang dikemas dalam bentuk rapat koordinasi dengan menghadirkan para kepala desa se-Kecamatan Tomoni, kepala Puskesmas, serta para Tokoh Agama dan Masyarakat.
    Pada Kunker hari ini, Bupati Lutim didampingi, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Lutim, Rully Heriawan, Wahidin Wahid dan Tugiat, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, para Asisten dan Staf Ahli, para Kabag, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lutim, serta Camat Tomoni, Catur Dyan Sintawati.
    Sebelum melakukan Rakor, Bupati Luwu Timur yang didampingi unsur Forkopimda terlebih dahulu menandatangani Prasasti pembangunan USB SMPN 2 Tomoni dan pembangunan 3 Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Kelas Jauh 172 Tomoni.
    Selain itu, Bupati Budiman juga menyerahkan Piagam penghargaan kepada Desa Bayondo, Bangun Jaya, dan Mulyasri atas prestasinya pada Lomba tertib dokumen administrasi desa terbaik Tahun 2021, dan menyerahkan Bantuan Sembako Dari Baznas Kabupaten Luwu Timur kepada 5 KK di masing-masing desa se-Kecamatan Tomoni.
    “Khusus untuk Baznas, saat ini sudah memiliki ketua baru, saya berharap Baznas kedepan mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Jadi mungkin ada beberapa yang belum disalurkan, agar segera disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” pesan Bupati.
    Terkait kunjungan kerjanya di Kecamatan Tomoni, mantan Kepala Bappelitbangda Lutim ini mengatakan, sebenarnya program berkelanjutan ini namanya sapa desa yang sempat tertunda karena omicron.
    “Alhamdulillah bisa kita lanjutkan kembali meski dalam bentuk rapat koordinasi. Untuk itu, saya berterima kasih kepada semuanya, utamanya kepada Forkopimda dan Kapolres Lutim atas upayanya sehingga Luwu Timur ini berada pada level 1, dimana ada 3 daerah saja yang ditetapkan level 1 di Sulsel yakni Lutim, Bantaeng dan Selayar,” ungkap Budiman.
    “Hari ini akan saya beri kesempatan kepada para kepala desa untuk menyampaikan pendapat atau harapan-harapannya kepada kita semua sehingga kepala OPD juga bisa mencatatnya. Semoga apa yang menjadi harapan ibu camat juga tadi bisa kita realisasikan secepatnya,” bebernya.
    Usai menyampaikan kata pengantarnya, selanjutnya Bupati Luwu Timur, H. Budiman memberikan kesempatan kepada para kepala desa untuk menyampaikan segala unek-uneknya, aspirasinya dan harapan-harapan untuk kemajuan desanya.
    Berbagai masukan disampaikan oleh para kepala desa dan hampir semua mengeluhkan terkait pengolaan sampah dimana membutuhkan armada, akses armada dan tenaga pengangkut. Selain itu juga, seringnya terjadi banjir yang diakibatkan drainase tidak berfungsi.
    Dan banyak juga yang meminta perbaikan jalan dan pengaspalan agar cepat direalisasikan. Mendengar hal tersebut, Bupati langsung memerintahkan dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti.
    “Ini penting sekali, kalau di perubahan cukup anggaran segera dilaksanakan karena tidak ada alasan untuk menunda kegiatan ini. Jadi pak kadis, prioritas besok suruh pergi ukur, kalau perlu sudah ada rencana desain awalnya sehingga kalau masuk anggaran perubahan, langsung bisa di desain dan langsung bisa dikerjakan. Tapi kalau bisa dia dipelihara, langsung tahun ini pelihara jalan itu dan tidak perlu tunggu perubahan,” jelas Bupati Luwu Timur yang disambut tepuk tangan dari para kepala desa.
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT