KPU Luwu Timur Sosialisasikan Persiapan Pembentukan KPPS Pemilu 2024 Melalui Bimtek

BERITALTIM.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggaraan Pungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Acara ini berlangsung di Gedung Wanita Sipurusiang, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur pada Rabu (06/12/23).

Irfan Lahabu, Ketua KPU Luwu Timur, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan teknis pembentukan KPPS dalam konteks Pemilu 2024.

Ia juga menjelaskan hal-hal penting terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon KPPS guna menghindari masalah pada saat pelaksanaan pesta demokrasi yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“KPPS Pemilu merupakan kelompok yang dibentuk khusus untuk melaksanakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kelompok ini terdiri atas 7 orang, yang meliputi ketua yang merangkap sebagai anggota dan enam anggota lainnya,” jelas Irfan.

Irfan juga menjelaskan tugas KPPS, salah satunya adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih dengan menggunakan hak pilihnya, serta memberikan akses dan layanan kepada pemilih difabel agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan maksimal.

“Kegiatan ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, serta Peraturan KPU Nomor 07/2012 tentang tahapan, program, dan jadwal waktu penyelenggaraan pemilu DPR, anggota DPD, dan DPRD tahun 2024 yang telah mengalami beberapa kali perubahan,” tutur Irfan.

Bimtek ini diikuti oleh 25 orang PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan 126 PPS (Panitia Pemungutan Suara), yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terkait tugas dan tanggung jawab dalam pembentukan KPPS untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini