Ketua TP PKK Lutim Ajak Masyarakat Peringati HPSN 2024 dengan Program 3R

BERITALUTIM.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman, menghadiri acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 yang bertema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Luwu Timur pada Rabu (21/02/2024) dan dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Aini Endis Anrika.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DWP Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli, para Asisten dan Staf Ahli, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf baik ASN maupun non-ASN.

Dalam sambutannya, Hj. Sufriaty Budiman menegaskan pentingnya metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam mengelola dan menangani sampah plastik. “Melalui HPSN, kita semua diingatkan bahwa kita adalah penghasil sampah setiap harinya, terutama sampah plastik yang tidak dapat terurai dalam waktu yang singkat,” ujarnya.

Sebagai Ketua TP PKK, Hj. Sufriaty mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya mengurangi dan memanfaatkan sampah agar dapat menjadi barang yang berguna. Salah satu program yang dijalankan adalah mengajak para ibu-ibu untuk membuat ecobrick atau bata ramah lingkungan, serta mengelola sampah rumah tangga lainnya untuk dimanfaatkan kembali.

Selain itu, Hj. Sufriaty juga menyampaikan apresiasinya terhadap beberapa desa perwakilan Luwu Timur yang menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) atas pencapaian luar biasa dalam menjaga perubahan iklim di wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Dalam rangkaian acara tersebut, Hj. Sufriaty Budiman juga menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2023 kepada 35 sekolah di Luwu Timur yang konsisten dalam gerakan peduli lingkungan hidup di sekolah, serta penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada 22 desa yang telah melaksanakan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Hal ini juga sejalan dengan program Bupati, yaitu ‘PEDULI KI SAYA JAGAKI’, yang mengajak untuk mengurangi asap kendaraan, mengurangi sampah plastik, tidak merokok, serta tidak membakar sampah,” tambah Hj. Sufriaty.

Acara tersebut menjadi momentum bagi masyarakat Luwu Timur untuk semakin peduli dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan serta mengelola sampah dengan lebih efektif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini