BREAKING NEWS

Kepala Dinas Parmudora Ajak Wisatawan Jaga Kebersihan Objek Wisata

Selasa, 1 Februari 2022 | 07:25 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora) Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad sepertinya tidak bisa dipisahkan dengan alam

    Saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, ia sangat gemar melakukan aksi tanam pohon bersama generasi muda pecinta alam.

    Sebulan lebih menjabat sebagai Kepala Dinas Parmudora, mantan Kepala BKD Lutim ini tetap konsisten menunjukkan bahwa dirinya benar-benar tidak bisa lepas dari yang namanya kebersihan alam dan lingkungan.

    Hal tersebut terlihat saat dia bersama seluruh stafnya menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Ujung Suso Desa Mabonta, Kecamatan Burau.

    Aksi yang merupakan simbol kebersamaan dan rasa peduli terhadap pengembangan objek wisata di Lutim dilakukan secara kolaboratif dengan sejumlah elemen seperti Pemerintah Kecamatan Burau, Pemerintah Desa Mabonta, PTPN XIV Burau, Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat dan Pendamping Desa se-Kab. Lutim, pemilik lokasi beserta pemilik lapak, Remaja Pantai Ujung Suso, Dinas Sosial P3A Lutim beserta Pasukan Tagana-nya, Dinas Lingkungan Hidup dengan petugas kebersihannya, mahasiswa KKN dan Haeril Al Fajri selaku Think Tank Lutim Inspiring, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari (29-30 Januari 2022).

    Dikonfirmasi usai aksi bersih pantai, mantan Camat Tomoni ini mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Ujung Suso yang merupakan salah satu destinasi wisata anda di Lutim.

    “Kalau pantai tersebut bersih dan indah, Insya Allah minat wisatawan untuk berkunjung ke Ujung Suso ini akan semakin meningkat, saya yakin tidak hanya warga Lutim yang akan datang, tapi dari luar Lutim bahkan Sulsel pun pasti akan datang ke tempat wisata kita ini,” terang Andi Tabacina Akhmad, Selasa (01/02/2022).

    Pencetus ide Cinta Lingkungan Bersih dan Keren (CLBK) ini menjelaskan, sebelum membersihkan lokasi, terlebih dahulu dia melakukan pertemuan dengan para pemilik lahan yang ada di lokasi Ujung Suso untuk menyampaikan rencana Camping Peduli Ekowisata dan sekaligus mengajak mereka ikut berpartisipasi, namun sebelum itu kegiatan diawali dengan melakukan penimbunan genangan air dan membersihkan sampah yang ada di sekitaran area pantai.

    “Alhamdulillah, setelah melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat yang mempunyai lahan, mereka sangat bersedia jika kami adakan camping ditempat tersebut, dan juga sangat mendukung Pemerintah untuk mengembangkan objek wisata Pantai Ujung Suso, karena mereka yakin, jika banyak pengunjung yang datang, maka untungnya juga ke mereka yang mempungai usaha lapak ditempat tersebut,” tuturnya.

    Selain membersihkan dan membenahi Pantai Ujung Suso serta mengadakan Camping Peduli Ekowisata, pada kegiatan ini Dinas Parmudora juga menggelar serangkaian acara bersama para pecinta alam, diantaranya senam bersama dan outbound.

    “Alhamdulillah, kegiatan kita berjalan lancar, dan masyarakat setempat sangat senang dengan adanya kegiatan kami ini. Untuk itu, kami berpesan kepada para pengunjung agar menjaga kebersihan tempat wisata, ini demi menjaga ekosistem yang ada di pantai Ujung Suso dan menarik perhatian wisatawan luar untuk datang ke daerah kita. Mari jaga dan cintai alam,” tandas Kepala Dinas Parmudora, Andi Tabacina Akhmad.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT