BREAKING NEWS

Kadis Parmudora Buka Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Cabor KONI

Senin, 7 Februari 2022 | 13:36 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR,BERITALUTIM.COM-Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Andi Tabacina Akhmad, mewakili Bupati Luwu Timur membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Cabang Olahraga (Cabor) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022.

    Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan tata kelola keuangan pada cabang olah raga yang ada di KONI Kabupaten Luwu Timur.

    Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Hotel I Lagaligo, menghadirkan tiga narasumber diantaranya ; Auditor Madya Inspektorat Kabupaten Luwu Timur, Budiman, S.Hut., MM., dan Kasubag DAL OPS Polres Lutim, AKP. Jamal Ansar, yang pesertanya masing-masing 2 orang dari perwakilan Cabor di KONI.

    Andi Tabacina Akhmad mengatakan, bagi sebuah organisasi, laporan keuangan merupakan salah satu kunci penyajian informasi entitas, yang relevan mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas operasi, neraca dan perubahan ekuitas yang bermanfaat bagi pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber keuangan organisasi.

    “Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan apresiasi kepada KONI selaku mitra Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam upaya pembinaan olahraga prestasi, administrasi dan laporan keuangan,” ucap Kadis Parmudora, Senin (07/02/2022).

    Mantan Kadis Lingkungan Hidup meyakini, Bimtek ini bernilai strategis sebagai forum diskusi untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, sekaitan dengan cara penyusunan laporan keuangan yang komprehensif, sesuai dengan peraturan terbaru sehingga menjadi transparan dan akuntabel.

    Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi penting karena dapat menambah pengetahuan pengurus KONI dalam hal perencanaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban laporan keuangan yang transparan dan akuntabel sebagai bentuk tertib administrasi.

    “Saya mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti Bimtek ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga penjelasan yang nantinya diberikan dapat diserap dengan baik dan dapat diimplementasikan dalam pelaporan akuntabilitas keuangan KONI nantinya,” imbuhnya.

    “Kami berharap, usai pelatihan ini, ada tiga sukses yang bisa diraih KONI Luwu Timur yaitu Sukses Olahraga, Sukses Pengelolaan Keuangan dan Sukses Administrasi,” tandas Andi Tabacina.

    Ketua KONI Kabupaten Luwu Timur, Muhammad Nur mengungkapkan, sebanyak 25 cabor yang ada di KONI, namun hanya 22 yang ikut Pra-Porprov. Dari 22 cabor tersebut, sambungnya, 1 yang tidak lolos Porprov tahun 2022 ini.

    “Melihat potensi cabor yang lolos ini, banyak yang memprediksi Kabupaten Luwu Timur bisa masuk 10 besar, bahkan ada yang memprediksi bisa 3 besar,” ujar Muhammad Nur.

    Untuk itu, mantan Ketua KPU Luwu Timur berpesan kepada para cabor agar mempersiapkan atletnya sebaik mungkin dan melakukan TC diwaktu-waktu tertentu.

    Terkait Bimtek ini, ia berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan tidak ada yang pulang duluan sebelum acara selesai, karena ada 3 pemateri yang akan menyampaikan materinya terkait keuangan.

    Terakhir, pria yang akrab disapa Kak Cicik tersebut mengumumkan bahwa ada salah satu cabor kita yang meraih prestasi. “Yakni cabor Federasi Olah Raga Petanque Indonesia (FOPI) yang atletnya atas nama Anugerah Cahyono mewakili Indonesia di Sea Games Vietnam mendatang,” tandasnya.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT