Kabag Prokopim Luwu Timur Berikan Materi Master of Ceremony dalam Bimtek

BERITALUTIM.COM – Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Luwu Timur, Rupidin, memberikan materi tentang Master of Ceremony (MC) dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Hotel Aerotel Smile Makassar pada Rabu (22/11/2023).

Dalam paparannya, Kabag Prokopim Rupidin menjelaskan bahwa Master of Ceremony (MC) memiliki peran strategis sebagai pemandu acara atau pembawa acara yang bertanggung jawab atas kelancaran dan kesuksesan suatu acara. MC bertugas sebagai tuan rumah yang memimpin jalannya acara, menyampaikan narasi atau informasi, menyusun naskah, dan siap menerima perubahan naskah yang mungkin terjadi.

“MC juga harus memahami hal-hal dasar tentang keprotokoleran,” jelas Rupidin. Ia menambahkan bahwa keprotokoleran melibatkan aturan-aturan terkait tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan, sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam negara, pemerintah, atau masyarakat.

Rupidin juga menjelaskan bahwa tujuan pengaturan keprotokolan adalah memberikan penghormatan kepada pejabat negara, pejabat pemerintahan, perwakilan negara asing dan/atau organisasi internasional, serta tokoh masyarakat atau tamu negara, sesuai dengan kedudukan mereka.

“Selain itu, keprotokolan memberikan pedoman penyelenggaraan suatu acara agar berjalan tertib, rapi, lancar, dan teratur sesuai dengan ketentuan dan kebiasaan yang berlaku, baik secara nasional maupun internasional. Hal ini juga menciptakan hubungan yang baik dalam tata pergaulan antar bangsa,” tambahnya.

Rupidin berharap para peserta Bimtek Master Of Ceremony (MC) dapat mendapatkan banyak pelajaran dari pemateri lainnya sehingga mereka dapat memahami konsep Master Of Ceremony, bagaimana mempraktekkannya, dan menerapkannya dalam acara dinas masing-masing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini