Hadiri Kongres Anak Tahun 2023, Staf Ahli Hukum dan Pemerintah Lutim Harapkan Ini

BERITALUTIM.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur harapankan dukungan dari semua stakeholder untuk memfasilitasi dan memberikan motivasi kepada anak-anak untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Luwu Timur.

Hal tersebut dikatakan Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur (Lutim), dr April saat membuka Kongres Anak dalam rangka pemilihan duta anak Kabupaten Lutim Tahun 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (31/05/23).

Dalam agenda tersebut, April menjelaskan upaya perlindungan terhadap hak-hak anak di Indonesia secara khusus telah diatur dalam UU nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak pada pasal 4.

Dimana Pasal tersebut menjelaskan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

April juga mengatakan, pelaksanaan Kongres Anak adalah salah satu ajang silaturahmi anak untuk memilih perwakilan anak sebagai Duta Anak di Lutim, dan pembentukan Kelembagaan Forum anak merupakan wadah untuk mengungkapkan aspirasi anak yang berkaitan dengan hak-hak sendiri.

“Dalam konteks anak, partisipasi tidak sekedar mensyaratkan adanya kemampuan institusinya untuk menyuarakan dan menuntut hak-haknya semata, tetapi juga perlu adanya sinergitas dengan insititusi komunitas atau pihak-pihak lain yang memperjuangkan hak-hak anak,” kata April.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini