BREAKING NEWS

Gandeng P2KP Unhas, Pemkab Luwu Timur Gelar Bimtek Penyusunan SAKIP

Senin, 7 Maret 2022 | 10:24 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Tahun Anggaran 2022.
    Dalam Laporanya Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah KabupatenLuwu Timur, Hj. Andi Asma Sari mengatakan, tujuan dari kegiatan bimtek ini untuk melalukan pendalaman terkait aturan baru dengan melakukan penyesuaian terhadap penjabatan kinerja/cascade seluruh perangkat daerah berjenjang sesuai dengan visi dan misi RPJMD Kabupaten Luwu Timur 2021-2026.
    Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu hari Senin sampai dengan Rabu tanggal 7 s/d 9 Maret Tahun 2022 yang diikuti oleh para pengelola perencanaan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur di Swiss Bell Inn Hotel Panakukkang Makassar, Senin (07/03/2022).
    Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Sangkala. MA mengatakan, SAKIP ini mempercepat reformasi demokrasi. “Sekiranya bimtek yang dilakukan Pemkab Luwu Timur suatu kebijakan yang strategis karena tertuju pada suatu kinerja,” katanya.
    “Melalui bimtek ini, diharapkan peserta dapat mencerna dengan baik, dengan menyimbangkan praktek dan bentuknya. Supaya diharapkan selesai acara bimtek ini bukan semata-mata mengikuti saja tapi harus dengan mengetahui apa tujuannya,” ungkapnya.
    Lanjut, Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT. menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Luwu Timur, tidak lain dari sebuah roda pemerintahan di Kabupaten Luwu Timur dapat mengakselerasi percepatan pembangunan sesuai dengan tuntutan yang di gariskan dengan perencanaan kinerja.
    Sakip ini merupakan penerapan managemen kinerja pada sektor publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan reformasi birokrasi yang beriorentasi pada pencapaian hasil dan upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
    Sebelumnya, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kab. Luwu Timur atas berkenaannya berkerja sama dengan P2KP Universitas Hasanuddin. “Tentunya, kami sangat berharap kedepan kerja sama ini lebih di tingkatkan serta tujuan sasaran yang akan di capai,” ujarnya.
    “Dalam 3 hari ini, yang di namakan bimtek ialah bukan hanya teori tetapi praktek secara keseluruhan dan tentunya membuat laporan,” jelas Nasaruddin.
    Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli saat mewakili Bupati mengatakan bahwa, SAKIP ini suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah sebagai bentuk pertanggung jawaban atas penggunaan anggaran kepada masyarakat yang notabene bersumber dari uang rakyat.
    Dari Peraturan Presiden RI Nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), telah menekankan paradigma baru dalam managemen SAKIP.
    “Tidak lagi seberapa besar anggaran yang dihabiskan tapi seberapa besar output serta outcome yang dihasilkan dan berdampak nyata, agar tujuan yang telah di tetapkan di akhir periode bisa tercapai,” beber Sekda.
    Berdasarkan Hasil Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan tingkat akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020 dengan nilai 61,06 atau predikat “B”, sementara untuk tahun 2021 masih dalam tahap proses penilaian sampai dengan saat ini dan di harapkan ada peningkatan dari tahun 2020.
    H. Bahri Suli saat mewakili Bupati lebih menekankan untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penjabaran kinerja yang masih belum sempurna.
    “Oleh karena itu, melalui Bimtek SAKIP ini, tentu saya berharap dapat dimanfaatkan untuk mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja untuk capaian pelaksanaan reformasi birokrasi melalui penyelenggaraan SAKIP sehingga tercapai peningkatan akuntabilitas kinerja,” tandasnya.
    Sebelum menutup sambutannya, Sekda Luwu Timur mengucapkan terima kasih kepada seluruh fasilitator dan narasumber dari P2KP Universitas Hasanuddin dan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya sehingga bimtek ini dapat dilaksanakan.
    Sebagai Pemateri dalam bimtek SAKIP ini ada 2 yaitu : Sekertaris P2KP Universitas Hasanuddin, Dr. Sultan Suhab, SE,M.Si dan Kepala P2KP Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Sangkala, MA.
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT