Fraksi PAN Dorong Perbaikan Berbagai Aspek dalam Pertanggungjawaban Bupati Luwu Timur

BERITALUTIM.COM – Ir. Rahman, yang mewakili Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), mengungkapkan sejumlah catatan yang ditinggalkan untuk menambahkan pembahasan terkait laporan pertanggungjawaban Bupati Luwu Timur untuk Tahun Anggaran 2023. Pernyataan ini disampaikan saat Ir. Rahman menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi di DPRD Luwu Timur dalam Sidang Paripurna pada Selasa (16/04/2024).

Berikut adalah catatan dan masukan yang diberikan oleh Fraksi PAN untuk melengkapi pembahasan:

1. Penanggulangan Pengangguran: Fraksi PAN menyoroti peningkatan tingkat pengangguran sebesar 5,42%, yang dianggap sebagai isu paling krusial. Pemerintah daerah diharapkan untuk mengambil langkah strategis, termasuk pembuatan program pelatihan tenaga kerja dan peningkatan kapasitas SDM, mengingat sektor pertambangan menjadi primadona di Luwu Timur.

2. Percepatan Pembangunan Fasilitas Kesehatan: Dorongan diberikan untuk percepatan pembangunan Rumah Sakit Atue dan pembenahan ruang rawat inap di Rumah Sakit I Laga Ligo, yang dianggap mendesak untuk kesejahteraan warga Luwu Timur.

3. Pengawasan Investasi di Sektor Pertambangan: Mengingat peningkatan investasi di sektor pertambangan, Fraksi PAN menekankan perlunya peningkatan pengawasan terhadap potensi dampak lingkungan, terutama terkait kegiatan operasi PT.CLM dan PT PUL.

4. Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih dan Lingkungan: Fraksi PAN mengingatkan pentingnya pemenuhan kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat, serta perlunya perbaikan kondisi Sungai Malili yang semakin memprihatinkan sebagai cerminan rusaknya ekosistem lingkungan.

5. Alokasi Anggaran untuk Sektor Pertanian dan Perikanan: Dorongan diberikan untuk memberikan alokasi anggaran yang cukup di sektor pertanian dan perikanan, mengingat potensi besar yang dimiliki sektor tersebut setelah pertambangan, dan mayoritas masyarakat bergerak di sektor tersebut.

6. Pengembangan UMKM: Fraksi PAN juga mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi UMKM daerah agar dapat bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif.

“Mengenai Ranperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak, yang dianggap memberikan perlindungan hukum bagi anak-anak Luwu Timur sebagai aset masa depan bagi daerah tersebut,” kata Ir. Rahman.

Sidang Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, dengan didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, HM. Sidiq BM, Wakil Ketua II, H. Usman Sadik, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Akbar Andi Leluasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini