Fraksi Nasdem Soroti Masalah Rekrutmen Ketenagakerjaan di Perusahaan Tambang Luwu Timur

BERITALUTIM.COM – Fraksi Nasdem menyoroti permasalahan yang terus muncul terkait rekruitmen ketenagakerjaan di sejumlah perusahaan tambang di Luwu Timur. Hal ini menjadi sorotan karena dinilai bahwa fungsi pemerintah dalam menjembatani masalah tersebut masih belum optimal. Pernyataan ini disampaikan oleh Sumuel Kandati, Juru Bicara Fraksi Nasdem dalam Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur pada hari Selasa (16/04/2024).

Menurut Kandati, Fraksi Nasdem telah merumuskan beberapa poin penting yang perlu disampaikan kepada Bupati untuk perbaikan ke depan.

“Sepanjang tahun 2023 hingga 2024 ini, banyak peristiwa penting yang perlu menjadi perhatian dan bahan renungan bagi kita semua,” ujarnya.

Salah satu masalah utama yang disoroti adalah proses rekrutmen karyawan di beberapa perusahaan tambang yang terus menjadi masalah. Meskipun PT Vale telah beroperasi di Luwu Timur selama 50 tahun, masalah ketenagakerjaan masih belum terselesaikan hingga saat ini.

Masalah lain yang juga menjadi perhatian adalah konflik lahan antara masyarakat dan perusahaan, pelayanan rumah sakit dan puskesmas yang belum optimal, kondisi Sungai Malili yang semakin memburuk, serta pelayanan air minum dan air bersih yang masih belum maksimal bagi warga.

“Inilah permasalahan yang kami sampaikan dalam Paripurna ini, kami berharap Bupati Luwu Timur dapat memperhatikannya dan mengambil tindakan untuk kemajuan Kabupaten Luwu Timur,” tambahnya.

Mengenai Ranperda Kabupaten Layak Anak, Fraksi Nasdem sepakat bahwa ranperda ini harus ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Luwu Timur. Oleh karena itu, Nasdem mendorong agar ranperda ini segera dibahas dan ditetapkan menjadi Perda.

“Fraksi Nasdem juga sepakat bahwa Ranperda Kabupaten Layak Anak harus segera dibahas dan ditetapkan menjadi Perda Luwu Timur,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini