DPRD Luwu Timur Bahas Dua Ranperda Inisiatif Bersama SKPD

BERITALUTIM.COM – Anggota DPRD Luwu Timur menggelar rapat bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membahas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif, yaitu Ranperda tentang Penyandang Disabilitas dan Ranperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren.

Ketua Pansus DPRD Luwu Timur, Alfian, mengungkapkan bahwa dua Ranperda inisiatif tersebut diharapkan dapat menjadi payung hukum bagi Pemerintah Daerah Luwu Timur.

“Di Luwu Timur ada banyak penyandang disabilitas yang nantinya harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah,” ujar Alfian pada Selasa (11/06/2024).

Menurut Alfian, dengan adanya Perda tentang Penyandang Disabilitas dan Penyelenggaraan Pondok Pesantren di Luwu Timur, Pemerintah Daerah wajib melaksanakan ketentuan berdasarkan Undang-Undang Disabilitas Pasal 53.

“Penyandang disabilitas wajib dipekerjakan minimal satu persen dari jumlah pegawai yang ada,” tuturnya.

Ranperda tentang Penyandang Disabilitas ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kesempatan yang lebih baik bagi penyandang disabilitas di Luwu Timur, sementara Ranperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren diharapkan dapat mendukung pengembangan pendidikan agama di daerah tersebut.

Dengan adanya dukungan dari SKPD dan masyarakat, dua Ranperda ini diharapkan dapat segera disahkan dan diimplementasikan, sehingga memberikan manfaat nyata bagi warga Luwu Timur, terutama bagi penyandang disabilitas dan pengelola pondok pesantren.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini