Dinsos Luwu Timur Cek Pencairan Kepada 23 KPM

LUWU TIMUR – Dinas Sosial
(Dinsos) Luwu Timur meminta pihak penyalur untuk melakukan pengecekan transaksi pencairan bantuan sosial kepada 23 keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah dikeluarkan oleh Kemensos.

Kabid Linjamsos Dinas Sosial Luwu Timur Arham
Alqaf mengatakan, dalam persoalan ini pihaknya juga telah melakukan rapat bersama pendamping KPM serta pihak Bank Mandiri dan PT Pos sebagai penyalur bantuan sosial.

“Pendamping akan melakukan klarifikasi langsung
ke KPM terkait status pekerjaan KPM, uang yang diterima dan kesediaan mengembalikan. Kami juga meminta Bank Mandiri dan PT Pos untuk memastikan apakah uang yang ter transfer ke rekening tersebut dicairkan oleh KPM,” jelasnya.

Arham menyatakan, hasil konfirmasi bank dan
pos, serta hasil klarifikasi pendamping akan jadi pertimbangan untuk langkah selanjutnya.

“Dari hasil rapat kemarin, terklarifikasi bahwa secara
data ada yang ter transfer ke KPM, tetapi KPM tersebut tidak mencairkan bantuan itu, dan hal ini dibenarkan oleh PT Pos, ini ada satu KPM,” ungkapnya.

Dari 23 KPM yang telah dikeluarkan oleh Kemensos,
kata Arham, ada beberapa penerima bersedia melakukan pengembalian bantuan sosial tersebut.

“Klarifikasi pendahuluan, sudah ada beberapa yang siap mengembalikan dana tersebut, menunggu link dan rekening pengembalian,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 23 KPM di Kabupaten Luwu
Timur dikeluarkan dan diminta untuk melakukan pengembalian dana bantuan yang telah diterima. Penerima bantuan yang dimaksud, diantaranya program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT) sembako, dan bantuan sosial tunai (BST) Kemensos.

Pengembalian bantuan itu berdasarkan data yang berasal dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui di sistem Ditjen administrasi hukum umum (AHU).

Sehingga, Kemensos mengeluarkan lebih dari
10.000 keluarga KPM yang tidak tepat sasaran penyaluran bansos dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), termasuk 23 KPM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini